Tak Tersentuh Selama Empat Tahun, Jalan Rusak di Bumi Ratu Bak Kubangan Kerbau

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kerusakan di ruas jalan Kabupaten penghubung Pekon Bumi Ratu Kecamatan Ngambur, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), hingga kini semakin parah. 

Rata-rata badan jalan yang rusak itu sudah seperti kubangan kerbau, bahkan jalan alternatif yang ada juga turut rusak. Akibatnya kondisi tersebut mempersulit warga untuk melaksanakan akses transportasi. 

Bacaan Lainnya

Peratin Pekon Bumi Ratu, Zaini Firdaus, mengatakan hingga ini kondisi kerusakan badan jalan menuju Pekon Bumi Ratu dengan panjang sekitar delapan kilometer lebih itu semakin parah, bukan hanya bagian aspal jalan saja yang sudah mengelupas, tapi sudah seperti kubangan dan berlumpur.

“Kondisi badan jalan kembali seperti semula yakni tanah dan berlumpur, karena hampir di sepanjang jalan, aspal di badan jalan sudah tidak ada lagi,” katanya.

Dengan begitu, kata dia, masyarakat diwilayah ini masih kesulitan untuk keluar maupun kembali ke Pekon setempat, terutama saat musim hujan. Sejak dibangun sekitar tahun 2016 lalu hingga kini atau sudah sekitar empat tahun lebih  belum pernah ada perbaikan infrastruktur di ruas jalan menuju Pekon Bumi Ratu maupun Pekon lainnya yang ada disitu, sebab Pekon Bumi Ratu juga berbatasan dengan wilayah Pekon Mon.

“Dengan akses jalan yang masih sulit, berimbas pada masyarakat terutama saat mengangkut hasil panen dari perkebunan  dan lahan sawahnya,” jelasnya.

Masih kata dia, terutama dalam pelayanan kesehatan jika ada masyarakat yang hendak mendapat penanganan kegawatdaruratan untuk dibawa ke Puskesmas maupun Rumah Sakit, jelas sangat menjadi kendala dan tentunya banyak risiko yang dikhawatirkan, karena kesulitan akses transportasi tersebut. Masyarakat di wilayah ini sebelumnya juga masih rutin untuk melakukan perbaikan sementara, terutama di titik badan jalan yang memang parah.

“Perbaikan secara swadaya yang masih rutin dilakukan warga ini sebagai alternatif untuk memudahkan transportasi masyarakat, seperti penimbunan dengan material batu dan sebagainya,” ungkapnya.

Ditambahkannya, ruas jalan penghubung Pekon Bumi Ratu yang ada di wilayah ini sebelumnya juga sudah diusulkan kembali ke pihak Kecamatan dan terkait lainnya, dengan harapan dapat segera diperbaiki karena sudah sangat mendesak.

“Kalau tidak segera diperbaiki, kedepan kondisi jalan akan semakin parah dan mempersulit akses transportasi warga,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait