Taman Bersama PM Pagardewa Mulai Dilirik Wisatawan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bagi masyarakat luar Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yang ingin mengetahui gambaran potensi yang dimiliki masing-masing pekon tersebar di kecamatan itu cukup dengan berkunjung ke kantor kecamatan setempat. 

Memanfaatkan luas lahan kantor kecamatan yang luas dan masih berupa tanah kosong, Camat M. Yones, S.S.T.P. M.H., menelurkan ide yang cukup inovatif dan kreatif. 

Bagaimana tidak lahan kosong sekitar Setengah hektar tersebut dibagi Sepuluh. Dan masing-masing untuk Satu pekon. Yang mana lahan dimanfaatkan pekon untuk menampilkan apa yang menjadi unggulan khas pekon kemudian didesain sedemikian rupa hingga membentuk taman yang asri.

Yang mencerminkan taman bersama, dan taman ketahanan pangan mandiri sebagaimana program Bupati Lambar H. Parosil Mabsus Program Pangan Mandiri (PM).

Seperti taman yang dibangun oleh Pekon Sukamulya, lahan sekitar ukuran 60×60 meter persegi, bagian depannya diberikan berbagai jenis tanaman bunga, kemudian di bagian tengah ditanam berbagai jenis tanaman muda (hortikultura) dan di ujung dibangun Gazebo. 

Penerapan itu memunculkan suasana yang begitu elok, bahkan saat ini mulai menjadi taman wisata yang dikunjungi banyak orang hingga luar kecamatan bahkan diklaim mulai masuknya pengunjung dari luar Kabupaten Lambar seperti dari Kabupaten Lampung Utara (Lampura) dan Waykanan yang sengaja menggelar acara keluarga makan-makan di taman tersebut. 

“Ide ini saya munculkan dan alhamdulilah disambut baik para peratin, memanfaatkan lahan kosong agar menghasilkan dan memberikan suasana baru,” tegas M. Yones.

Sementara dikatakan Yamin, adanya taman bersama itu, menjadi ajakan kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan secara maksimal lahan yang ada.

Apalagi di Kecamatan Pagardewa yang memang merupakan lahan pertanian dan perkebunan kopi yang sudah dikenal dimana-mana. (rin/mlo)



Pos terkait