Tanah Bergeser, 9 Gedung SMKN Pagardewa Rusak

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sembilan (9) unit bangunan gedung SMK Negeri Pagardewa Kabupaten Lampung Barat mengalami kerusakan akibat terjadinya pergeseran tanah di lokasi berdirinya bangunan.

Kepala SMK setempat Agus Sutiawan, S.Kom., mengatakan, terdapat sembilan untit gedung yang dibangun tahun 2011 membutuhkan perbaikan karena mengalami kerusakan, mulai dari lantai, dinding dan bagian atap.

Sembilan gedung tersebut, tiga unit gedung merupakan Ruang Kelas Belajar (RKB) yang terdiri dari sembilan ruang belajar. Kemudian gedung praktek fisika, gedung praktek kimia, gedung praktek biologi, gedung praktek hortikultura, gedung teknik bisnis sepeda motor (TBSM) dan gedung kantor guru. 

“Kami tentunya sangat mengharapkan mendapat renovasi. Dan usulan secara tertulis sudah kami sampaikan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung. mudah-mudahan segera mendapat realisasi,” ujarnya.

Agus Sutiawan, menyebutkan rata-rata kerusakan yang terjadi di sembilan gedung tersebut keretakan dinding dan lantai. Hal itu dipicu pergeseran tanah. Karena lingkungan SMK tersebut berada bukan diatas lahan datar namun bentuk bukit kecil. 

“Faktor kerusakan karena tanah labil, oleh sebab itu satu harapan kami kepada pemerintah dalam pembangunan Sarana Prasarana (Sarpras) di SMK ini seperti gedung juga dibangun Talud Penahan Tanah (TPT),” pintanya. 

Agus menyebutkan, meskipun tergolong sekolah baru fasilitas pendidikan SMKN Pagardewa tersebut terus dilengkapi, dan jumlah peserta didik setiap tahunnya juga terus bertambah yang saat ini total mencapai 217 anak didik. (r1n/hrs/mlo)




Pos terkait