Tanah Terbelah Gegerkan Warga Trimulyo

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Fenomena alam berupa tahan terbelah, terjadi di beberapa lokasi di wilayah Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), seperti di Pekon Trimulyo dan Pekon Ciptawaras.

Warga dua pekon itu digegerkan dengan terjadinya fenomena tersebut, dimana berdasarkan informasi dari Peratin Pekon Trimulyo Buchori, S.P., retakan tanah terjadi di beberapa kolam ikan milik masyarakat dan panjangnya mencapai seratus meter.

Bacaan Lainnya



Kejadian tersebut mengakibatkan kolam yang sebelumnya dipenuhi air tiba-tiba kering karena tersedot kedalam retakan. “Kejadian tanah retak ini berlangsung begitu saja, atau bukan karena adanya getaran akibat terjadinya gempa maupun dampak dari hal-hal lain, tiba-tiba retak,” ungkapnya.

Ironisnya setelah dicek, ternyata kejadian itu bukan hanya terjadi di Pekon Trimulyo melainkan juga muncul di Pekon Ciptawaras yang merupakan pekon tetangga.

Menurut Buchori keretakan itu bukan karena faktor kemarau lalu tanah retak akibat kekeringan, lantaran kolam ikan yang retak tersebut memang sebelumnya sudah terisi penuh air dan kolam tersbeut berada di atas permukaan tanah yang datar. “Kalau ini terjadi karena adanya pergeseran lempeng bumi dibawah tanah pasti ada getarannya, sementara ini tidak ada sama sekali,” ujarnya.

Lanjut dia kejadian tersebut terjadi pekan kemarin, namun sengaja tidak dilaporkan ke pemerintah, karena tidak terjadi dampak kerugian yang berarti. Hanya membuat beberapa kolam ikan mengering, dan setelah ditimbun kolam kembali normal seperti biasa. (ius/mlo)



Pos terkait