Tanaman Sorgum Program Pangan Mandiri (PM) Lambar Berbuah Lebat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Di tiga pekon yakni Pekon Mekarsari, Pagardewa, dan Sidomulyo, Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) dijadikan lokasi penanaman sorgum.

Bahan dasar makanan pokok jenis Tepung yang diprakarsai komunitas literasi (Lamban Baca) Lambar, kolaborasi dengan pemerintah kecamatan dan Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (Apdesi) Kecamatan Pagardewa, menunjukkan hasil yang sangat menggembirakan dengan tumbuh suburnya tanaman dan telah berbuah lebat.  

Bacaan Lainnya



Dikatakan Febri penggiat Literasi Lambar, ajakan budidaya tanaman sorgum, sebagai dukungan kepada Pemkab Lambar tentang program Pangan Mandiri (PM).

“Kami mencoba mengajak masyarakat membudidayakan sorgum ini karena lahan di kabupaten ini yang sangat subur, sehingga menjadi potensi besar budidaya tanaman bahan makan pokok tersebut,” ungkapnya.

Dan ternyata saat ini tanaman yang di kembangkan di Tiga pekon itu dengan masing-masing lahan seluas Setengah hektar, menunjukkan hasil yang menggembirakan dengan pertumbuhan yang subur dan buah yang lebat. 

Sebagai tindak lanjutnya, kata Febri.  Literasi Lambar akan melakukan pembinaan dan pelatihan kepada ibu-ibu di tiga pekon itu tentang sistem pengolahan sorgum menjadi tepung. 

Diulas Febri, tanaman sorgum menjadi solusi dalam menjaga ketahanan pangan di tengah situasi Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Dengan harapan masyarakat memanfaatkan lahan kosong, seperti halaman atau lokasi-lokasi perkebunan yang masih begitu luas. 

“Harapan kita kedepannya sorum ini menjadi tanaman yang banyak dibudidayakan masyarakat dalam memanfaatkan kekayaan lahan yang begitu luas, sehingga semua lahan bisa digarap secara produktif dengan ragam tanaman untuk ketahanan pangan.

Terpisah Camat Pagardewa, M. Yones, S.Stp, M.H., mengapresiasi keseriusan pihak pekon bersama kader-kader dalam penanaman sorgum tersebut.

“Alhamdulillah apa yang kita tanam itu yang akan kita petik. Semoga atas usaha penanaman sorgum salah satu dari program Pangan Mandiri Kabupaten Lampung Barat kedepan akan menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat tani. Sebagaimana perkebunan kopi, hortikultura, hingga padi yang ada di Bumi Beguai Jejama Sai Betik ini,” harapannya.

Terkait hal itu, Yones meminta kepada literasi Lambar untuk betul-betul menjadi pihak berjasa dalam pengebangan tanaman sorgun tersebut.(rin/mlo)



Pos terkait