Tanggap Darurat, Warga Gotong Royong Perbaiki Jalan Amblas 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Puluhan warga Pekon Hujung, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat bersama aparatur Pemerintahan Pekon dan Kecamatan melaksanakan gotong royong guna memperbaiki jalan amblas tepatnya di tanjakan Waysemangka, penghubung Pekon Hujung, Kecamatan Belalau dengan Pekon Luas, Kecamatan Batuketulis amblas, Jumat (29/5/2020).

Belasan kendaraan roda empat dikerahkan untuk menimbun badan jalan  yang amblas akibat dampak cuaca extrim yang melanda wilayah setempat pada Rabu (27/5) lalu. 

Bacaan Lainnya



Kegiatan perbaikan jalan penghubung antar kecamatan itu dipimpin oleh Camat Belalau Sri Handayani, S.H, Sekcam Bellaau Romuzi, S.Ip, Peratin Hujung beserta unsur Bhabinkamtibmas serta Babinsa. 

Peratin Hujung, Ismet Liza, S.H, mengatakan, perbaikan kerusakan jalan tersebut sebagai langkah tanggap, lantaran kondisi kerusakan terjadi bahu jalan rabat beton, sehingga jika tidak segera dilakukan penanganan darurat maka dapat membahayakan pengguna jalan dan akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah. 

“Dalam perbaikan ini kami bersama warga mengerahkan belasan unit mobil untuk mengangkut tanah kemudian ditampilkan ke bahu jalan yang amblas yang kedalamannya mencapai satu meter lebih dengan panjang sekitar tujuh meter,” terang dia.

Ia mengatakan bahwa selain melakukan penimbunan pihaknya langsung melakukan penyemenan bahu jalan agar perbaikan lebih maksimal sehingga tidak terjadi kerusakan susulan.

“Setelah kita timbun, langsung kita semen supaya tidak ada lagi celah air yang masuk ke bawah sehingga dapat menimbulkan kerusakan susulan. Alhamdulillah perbaikan selesai, dan kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas semangat warga dalam bergotong royong,” imbuhnya.

Sementara, Camat Belalau Sri Handayani, S.H, yang turut serta dalam kegiatan itu mengatakan bahwa semangat kebersamaan yang dilaksanakan warga bersama aparat pekon patut diapresiasi, karena tanpa harus menunggu penanganan dari pemkab, mereka sudah lebih dulu melakukan upaya tanggap darurat.

“Semangat kebersamaan dalam gotong royong di Pekon Hujung ini masih sangat terjaga sehingga kami dari pemerintah kecamatan menyampaikan apresiasi dan berharap berharap ini dapat memotivasi pekon lainnya, karena semangat gotong royong adalah modal utama untuk membangun pekon,” kata dia. (edi/mlo)



Pos terkait