Tanggulangi Turunnya Produktivitas Kopi Lambar, Sudin Turunkan Tim Ahli

Medialampung.co.id – Tim ahli dari Balai Penelitian Tanaman Perkebunan (BPTP) Lampung, Balitklimat dan Balittanah Bogor diturunkan menindaklanjuti upaya peningkatan produksi dan mutu kopi di Kabupaten Lampung Barat.

Kedatangan tim tersebut diterima di kediaman Bupati Parosil Mabsus yang secara langsung memerintahkan Kadis Perkebunan dan Peternakan Disbunak Yudha Setiawan, S.Ip mendampingi rombongan BPTP hingga selesai kunjungan.

Bacaan Lainnya


Dikatakan Yudha, sejak Senin hingga Selasa (17-18/1). Menindaklanjuti koordinasi Bupati Lampung Barat dengan Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, S.E., saat melaksanakan kunjungannya di Lampung Barat, Sabtu (8/1) di Pekon Gedungsurian, Kecamatan Gedungsurian telah diturunkan Tim Balitbang Perkebunan yakni Balitklimat Bogor, Balittanah Bogor, BPTP Lampung. 

Dalam kesempatan tersebut tim yang hadir antara lain Profesor Rubiyo dari Balitbang pertanian, dr Arifin dari Balitklimat, Prof Kusno dari Balittanah Bogor.

“Selama di Lampung Barat tim melaksanakan pertemuan rekam informasi langsung dari petani kopi Gedungsurian dan Airhitam, melaksanakan pengambilan sampel tanah di tiga titik kebun di Gedungsurian dan sekolah kopi, serta menguji kandungan hara dan PH sampel tanah,” ungkapnya.

Lanjut Yudha, sampel tersebut selain diuji di lokasi juga dibawa ke lab Balittanah Bogor untuk diuji secara lengkap yang nantinya akan dihasilkan rekomendasi kebutuhan aplikasi pemupukan dan yang terkait lainnya.

“Pertemuan dilaksanakan di kediaman Anggota DPRD Lambar Sri Nurwijayanti, S.S yang dihadiri ketua DPRD Lambar Edi Novial, S.Kom.

Harapan Yudha dengan kehadiran tim yang diturunkan atas arahan Ketua Komisi IV DPR RI tersebut akan menghasilkan rekomendasi program yang dapat membantu petani dalam meningkatkan produksi dan mutu serta pemasaran kopi, juga adanya demplot pengelolaan kebun kopi yang baik serta terbangunnya kebun sumber benih baik entres dan kebun induk yang berlokasi selain di kebun petani juga di sekolah kopi Lampung Barat.

Sekedar diketahui Tim secara keseluruhan berjumlah 10 orang termasuk tenaga klinik pertanian BPTP Lampung. Di lokasi didampingi selain Ketua DPRD Lambar, Ketua Fraksi PDIP DPRD Lambar Sri Nurwijayanti, Kadisbunnak juga Camat Gedungsurian M. Agus Setiawan S.E, M.M, juga korluh Gedungsurian dan Ketua badan kerjasama antar desa Kecamatan Gedungdurian

Terpisah, Sri Nurwijayanti menyampaikan terimakasih kepada Ketua Komisi IV DPR RI Sudin yang telah mengirimkan team ahli guna menanggulangi turunnya produktivitas kopi yang ada di Lampung Barat. 

“Terimakasih bupati Lampung barat Parosil Mabsus dan dinas perkebunan kab Lampung barat Semoga niat baik kita semua mendapatkan ridho dari Allah SWT,” tandasnya (r1n/mlo)


Pos terkait