Tanjung Rejo Bagikan 1.500 Masker Untuk Masyarakat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebagai upaya pencagahan penyebaran virus corona atau Covid-19, Pemerintahan Pekon Tanjung Rejo Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), membagikan 1.500 maker ke masyarakat Pekon setempat, Minggu (3/5).

Peratin Pekon Tanjung Rejo, Ali Yahya, mengatakan pembagian masker ke masyarakat itu merupakan salah satu upaya agar masyarakat di Pekon Tanjung Rejo terhindar dari wabah virus corona yang hingga kini belum berakhir. Selain itu, hal tersebut sebagai langkah mendukung upaya Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten Pesbar mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya



“Pembagian masker secara simbolis telah diserahkan ke perwakilan masyarakat di Balai Pekon Tanjung Rejo,” katanya.

Dijelaskan, pembagian masker untuk masyarakat ini juga untuk mendukung upaya Pemkab setempat sesuai dengan surat edaran bupati Pesbar No.440/1916/IV.05/2020, tanggal 30 April 2020 tentang kewajiban penggunaan masker di Kabupaten Pesbar. Selain itu juga sebagai tindak lanjut bimbingan protokol kesehatan dunia WHO, arahan Presiden RI tentang kewajiban penggunaan masker di luar rumah, serta dalam rangka percepatan penanganan dan pencegahan penyebarluasan wabah Covid-19 di Kabupaten Pesbar.

“Untuk itu kita berharap kepada masyarakat di Pekon Tanjung Rejo ini agar dapat mematuhi instruksi pemerintah tersebut yakni menggunakan masker saat keluar rumah,” ujarnya.

Masih kata dia, seluruh masker yang telah diberikan kepada masyarakat dari pemerintahan Pekon Tanjung Rejo tersebut agar dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh warga terutama saat keluar rumah. Selain membagikan masker untuk masyarakat, Pekon setempat juga telah melakukan penyemprotan

disinfektan di seluruh tempat fasilitas umum maupun rumah warga, sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat terkait dengan pencegahan Covid-19 tersebut, seperti menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan pakai sabun dan sebagainya.

“Penyemprotan desinfektan yang dilaksanakan juga merupakan kegiatan rutin. Kita berharap semua upaya tersebut benar-benar maksimal dan mudah-mudahan wabah Covid-19 segera berakhir,” jelasnya.

Ditambahkannya, Pekon Tanjung Rejo yang telah dibentuk pada 2010 lalu hingga kini berupaya untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat dan terus mengejar ketertinggalan, sehingga kedepan Pekon setempat dapat terus maju dan berkembang seperti Pekon lainnya di Pesbar ini, baik dalam mempersiapkan fasilitas pekon maupun lainnya.

Terlebih mulai tahun 2020 ini perangkat Pekon Tanjung Rejo juga telah aktif menempati Balai Pekon yang memang sangat diharapkan bersama, mengingat sebelumnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat kantor Peratin masih dipusatkan di rumah. Namun kini sudah dipusatkan di Balai Pekon. Sedangkan, untuk pelayanan masyarakat sejauh ini juga belum ada kendala.

“Kita masih terus melakukan pembinaan dan peningkatan sumber daya manusia bagi aparatur Pekon dengan harapan kedepan bisa lebih baik lagi untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat dna mendukung kemajuan Pekon setempat,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait