Target PAD Rp65 Miliar, OPD Diminta Terus Menggali Potensi

  • Whatsapp
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Drs. Daman Nasir, M.P

Medialampung.co.id – Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lampung Barat, tahun anggaran 2020 ini naik menjadi Rp65 miliar lebih.

Kenaikan tersebut dikarenakan pada tahun anggaran 2019 lalu, capaian PAD Lambar over target dimana  terealisasi sebesar Rp66 Miliar lebih dari target awal sebesar Rp63 miliar lebih.

Bacaan Lainnya



Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Daman Nasir, mengungkapkan terkait dengan target pencapaian PAD tahun ini pihaknya optimis tercapai.

Mengingat banyak potensi yang bisa menopang untuk tercapainya target seperti tahun sebelumnya.

“Kami tetap optimis target yang ditetapkan tercapai. Tahun lalu capaian PAD kita melampaui target, dan tahun ini kita yakin pasti bisa over target kembali, makanya targetnya kita tingkatkan yang sebelumnya Rp63 miliar lebih tahun ini Rp65 miliar lebih,” ungkapnya.

Dikatakannya, capaian itu berasal dari semua sektor baik dari pajak maupun retribusi lain. Namun terdapat satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang retribusi tidak tercapai yakni retribusi KIR pada Dinas Perhubungan, namun masih bisa ditutupi dari yang lain, sehingga tidak berpengaruh.

“Meskipun terdapat pos penyumbang PAD yang sebelumnya telah ditetapkan namun tidak memiliki kontribusi, namun hal itu tidak berpengaruh sama sekali terhadap kekurangan dalam memenuhi target PAD kita tahun 2019 yang lalu,” jelasnya.

Untuk itu, dengan adanya peningkatan target PAD di tahun ini, dirinya berharap agar semua OPD baik OPD penghasil PAD maupun yang tidak mengelola PAD supaya proaktif menggenjot pencapaian PAD hingga akhir 2020 mendatang.

“Para OPD harus berinovasi agar bisa meningkatkan pendapatan daerah dengan cara mencari potensi-potensi pendapatan baru. Jadi betul-betul harus diidentifikasi dan memaksimalkan sumber-sumber pendapatan daerah, dengan terus melakukan inovasi di berbagai aspek,” imbuhnya. (nop/mlo)



Pos terkait