Target Sai OPD Sai Inovasi Tercapai 

  • Whatsapp
Kepala Balitbang Kabupaten Lambar Ir. Noviardi Kuswan

Medialampung.co.id –  Dalam rangka mengikuti lomba Innovative Government Award (IGA) 2020 yang akan diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),  Pemkab Lambar menyiapkan sebanyak 80 inovasi yang berasal dari organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Lambar.

“Sebanyak 80 inovasi yang sudah masuk kekita dan saat ini sedang dalam proses input data. Serta ada juga yang sudah dikirim melalui aplikasi ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Inovasi Daerah Kemendagri,” tegas Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Ir. Noviardi Kuswan.

Kata dia, dengan jumlah inovasi sebanyak 80 itu maka target pihaknya “Sai OPD Sai Inovasi” sudah tercapai, bahkan ada OPD yang mengirimkan tiga sampai tujuh inovasi. “Kalau kita rata-ratakan dari jumlah 80 inovasi maka setiap OPD itu ada tiga inovasi,” imbuhnya.

Lanjut Noviardi, pihaknya menargetkan pengiriman inovasi ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Inovasi Daerah Kemendagri diharapkan pertengahan bulan ini sudah selesai dan diupayakan untuk jumlah inovasi akan bertambah. Sebab target Kemendagri paling lambat pengiriman inovasi pada September mendatang. 

Kata dia, untuk penilaian tergantung jumlah dan jenis kualitas inovasi. Ada 35 indikator dan setiap inovasi dilakukan penilaian. Adapun indikatornya  antara lain regulasi, sumber daya manusia (SDM), serta kualitas penggunaan apakah telah menggunakan ilmu teknologi (IT).

“Untuk regulasi, misalnya inovasi pengembangan kebun raya, diatur dengan apa, apakah peraturan daerah (Perda) atau diatur dalam peraturan bupati (Perbup). Masing-masing inovasi dan indikatornya ada penilaiannya dan nilainya nanti akan dilihat dengan kabupaten/kota lainnya,” jelasnya.

“Kita berharap Kabupaten Lambar meraih peringkat yang lebih baik, dari peringkat 14 pada tahun lalu diharapkan tahun ini masuk dalam 10 besar se-Indonesia,” tandasnya (lus/mlo)



Pos terkait