Targetkan Panjang Landasan Pacu Capai 1.800 Meter

Kasatpel Bandara M.Taufiq Kiemas, M.Subandi

Medialampung.co.id — Panjang landasan pacu di Bandar Udara (Bandara) Muhammad Taufiq Kiemas, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), ditargetkan kedepan bisa mencapai 1.800 meter. Pasalnya, Kabupaten Pesbar cukup berpotensi untuk pengembangan transportasi udara. Salah satunya dalam mendukung potensi pariwisata dan potensi lainnya.

Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Bandara Muhammad Taufiq Kiemas, M.Subandi, mengatakan, kini panjang landasan pacu di Bandara M.Taufiq Kiemas masih 1.300 meter yang akan ditingkatkan menjadi 1.400 meter. Tapi, kedepan ditargetkan landasan pacu itu kembali diperpanjang hingga mencapai 1.800 meter.

Bacaan Lainnya

“Jika landasan pacu di Bandara ini terus diperpanjangan, bahkan hingga 1.800 meter, maka akan sangat berpengaruh terhadap maskapai yang akan masuk ke Bandara ini,” katanya.

Ditambahkannya, meski kini maskapai yang sudah masuk dan beroperasi di Bandara M.Taufiq Kiemas masih Susi Air karena di subsidi dari Pemerintah Pusat. Tapi tidak menutup kemungkinan, jika landasan pacu kembali diperpanjang, pesawat yang lebih besar masuk ke Bandara tersebut. Untuk itu, mudah-mudahan perpanjangan landasan pacu ini bisa terus dilakukan, sehingga target panjang landasan 1.800 meter itu bisa tercapai.

“Tentunya dalam peningkatan pembangunan seperti perpanjangan landasan pacu itu juga harus didukung dengan adanya kucuran anggaran dari Pemerintah Pusat, agar dapat terealisasi dengan optimal,” jelasnya.

Menurutnya, selain adanya perpanjangan landasan pacu, kondisi Run Way yang ada di Bandara M.Taufiq Kiemas juga perlu adanya perubahan, jika memang nanti ada pesawat besar yang beroperasi. Karena kondisi run way masih belum maksimal jika untuk beroperasi pesat-pesawat besar. Secara bertahap mudah-mudahan fasilitas yang ada di Bandara itu bisa terus ditingkatkan salah satunya mengenai landasan pacu tersebut. Karena dengan kemajuan bandara di Pesbar juga akan berdampak pada kemajuan daerah.

“Yang pasti saat ini kita berharap dukungan masyarakat, salah satunya untuk ikut mensukseskan penerbangan perintis yang sudah kembali beroperasi di Bandara M.Taufiq Kiemas ini,” pungkasnya.(yan/d1n)

Pos terkait