Targetkan Perbup Untuk DBH Rampung Juli 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menargetkan Peraturan Bupati (Perbup) soal realisasi pencairan Dana Bagi Hasil (DBH) tahun 2020 untuk 116 Pekon di Kabupaten setempat itu rampung Juli 2021 mendatang.

Plt. Kepala DPMP Pesbar, Edwin Kastolani Burtha, S.H, M.P., mengatakan seluruh Pekon di Kabupaten setempat diharapkan tidak khawatir soal DBH tahun 2020 itu, karena dipastikan DBH itu akan tetap direalisasikan oleh Pemkab Pesbar. Lambannya pencairan DBH tahun 2020 itu karena dalam tahapannya cukup panjang.

Bacaan Lainnya

“Salah satunya untuk menentukan nilai DBH itu sendiri, yang juga harus menunggu hasil audit dari BPK. Selain itu dalam penentuan DBH disetiap Pekon juga harus dituangkan kedalam Perbup,” katanya, Selasa (29/6).

Karena itu, kata dia, saat ini terkait DBH itu masih dalam progress penyusunan Perbup yang diupayakan pada Juli 2021 nanti sudah selesai. Sehingga, jika sudah selesai maka seluruh Pekon baru bisa mengajukan pencairan DBH tahun 2020 tersebut. 

Meski begitu sejauh ini mengenai DBH tersebut tidak ada kendala bagi Pekon, untuk itu Pekon diharapkan agar dapat bersabar, karena DBH tersebut pasti akan direalisasikan. Sejauh ini terkait DBH memang masih menjadi pertanyaan bagi Pekon.

“Meski begitu kita harap Pekon tidak perlu khawatir, yang jelas jika Perbupnya sudah terbit maka bisa langsung mengajukan pencairannya sesuai dengan besaran DBH di masing-masing Pekon tersebut,” jelasnya.

Ditambahkannya, besaran DBH di setiap Pekon tidak sama, karena itu berdasarkan hasil penghitungan pajak dan retribusi. Sedangkan secara keseluruhan total DBH tahun 2020 untuk 116 Pekon di Pesbar mencapai Rp820.561.662,- dengan rincian bersumber dari Pajak daerah sebesar Rp716.439.122,- dan yang bersumber dari retribusi daerah sebesar Rp104.122.500,-.

Sementara itu, untuk estimasi besaran DBH tahun 2021 ini jika retribusi dan pajak tercapai target tentu akan mengalami peningkatan dengan rincian DBH dari pajak daerah sebesar Rp1.094.045.600,- dan yang bersumber dari retribusi daerah sebesar Rp203.083.400,-.

“Tapi itu masih estimasi dan dimungkinkan mengalami perubahan. Yang pasti mudah-mudahan untuk realisasi DBH tahun ini tidak ada kendala lagi,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)


Pos terkait