Tarif Listrik Gratis 3 Bulan Sudah Dapat Diakses

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Perusahaan Listrik Negara (PLN), kini telah mengumumkan bahwa kebijakan gratis tarif listrik selama tiga bulan (April, Mei dan Juni) khususnya bagi pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan diskon 50 %bagi pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi kini sudah dapat diakses.

Manager PT PLN Rayon Liwa, Muhammad Royhan menerangkan bahwa proses pembagian token bebas tagihan dan diskon tarif listrik ini sudah dapat diakses sejak tanggal 1 April, namun baru akan efektif pada 11 April mendatang. Untuk itu, seluruh pelanggan yang berhak kini sudah mulai dapat menikmati kebijakan tersebut.

Bacaan Lainnya



“Iya tak terkecuali di Lambar maupun Pesbar kini kebijakan pembagian token bebas tagihan dan diskon tarif listrik sudah bisa di akses, tapi baru akan efektif pada 11 April nanti,” kata Royhan.  

Dijelaskannya, bagi para pelanggan prabayar untuk 450 VA dan 900 VA bersubsidi dapat diakses dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke Whatsapp (WA) dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir untuk Pelanggan 450 VA dan sebesar diskon 50% akan diberikan kepada pelanggan 900VA bersubsidi, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

“Untuk mengaksesnya dapat membuka alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus Covid-19. Selanjutnya Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar,” terangnya.

Setelah itu, Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Atau bisa juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Kemudian mengikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan, Token gratis akan muncul.

“Di Indonesia saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem sehingga Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan, sehingga baru akan efektif paling pada 11 April nanti, agar seluruh pelanggan yang digratiskan dapat terlayani seluruhnya,” kata dia seraya menambahkan bahwa untuk pelanggan listrik pasca bayar (manual meter) Rekening listrik tidak akan ditagih selama 3 bulan khususnya untuk daya 450 VA dan untuk daya 900 VA Bersubsidi tagihan dipotong sebesar 50%.(edi/mlo)



Pos terkait