Team Dhemit Kembali Ringkus Pelaku Curat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Team Dhemit (Tekab 308) Polsek Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) berhasil ungkap kasus non Target Operasi (TO) dalam kegiatan Operasi Sikat Krakatau tahun 2021, Senin (5/7).

Kapolsek Pesisir Tengah, Kompol Muhidin, mendampingi Kapolres Lampung Barat (Lambar) AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.Ik, M.H., melalui Panit II Reskrim Polsek setempat Ipda Kasiyono, S.E., mengatakan, satu pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) yang berhasil diamankan pada ungkap kasus non TO dalam Operasi

Bacaan Lainnya

Sikat Krakatau 2021 itu yakni AN (48) warga Pekon Tanjungraya Kecamatan Pesisir Selatan, yang memiliki alamat lain di Lingkungan Pasar Mulya Barat Kelurahan Pasar Krui Kecamatan Pesisir Tengah.

“Penangkapan tersangka itu berdasarkan laporan No.LP/B/534/VII/2021/SEK PETENG/RES LAMBAR/POLDA LAMPUNG, tanggal 04 Juli 2021, dengan pelapor atas nama Suryani (36) warga Kuala stabas Lingkungan Pasar Mulya Barat Kelurahan Pasar Krui,” katanya.

Dijelaskannya, aksi pencurian itu terjadi Kamis (16/7/2020) lalu sekitar pukul 03.00 WIB, di rumah pelapor. Ketika itu pelaku berhasil masuk melalui jendela depan dengan cara mencongkel jendela yang tidak ada teralisnya. 

Kemudian, setelah masuk ke dalam rumah korban, lalu pelaku mengambil satu unit handphone yang sedang di cas dan satu unit handphone lainnya yang terletak di meja televisi. Semetara itu, saat kejadian korban sedang tidur lelap.

“Setelah berhasil mengambil dua unit handphone merk Xiaomi warna abu-abu dan merk Vivo Y91 warna merah, pelaku langsung keluar dari jendela tempat sebelumnya pelaku masuk ke rumah korban,” jelasnya.

Masih kata Kasiyono, akibat kejadian itu korban mengalami kerugian berkisar Rp2.800.000,-. Sedangkan, penangkapan pelaku terjadi pada Senin (5/7) sekitar pukul 02.00 WIB, saat team dhemit Polsek Pesisir Tengah melakukan operasi sikat krakatau 2021, sekaligus melakukan penyelidikan pencurian handphone tersebut.

Saat itu juga team Dhemit mendapat informasi terduga pelaku sedang berada di jalan jalur dua Bandara M.Taufik Kiemas, Pekon Seray Kecamatan Pesisir Tengah.

“Setelah mendapat informasi itu, kemudian, team Dhemit langsung bergerak dan berhasil mengamankan AN berikut satu unit handphone merk Xiomi milik korban,” katanya.

Ditambahkannya, dari hasil introgasi terhadap AN, dirinya mengakui telah mencuri handphone milik korban, lalu team Dhemit langsung mengambil barang bukti lainnya yakni handphone merk Vivo Y91 di rumah pelaku. 

Pelaku dan barang bukti langsung diamankan ke Polsek setempat guna proses penyidikan lebih lanjut. Sedangkan, untuk barang bukti yang diamankan yakni satu unit handphone merk Vivo Y91 berikut kotaknya dan satu unit handphone merk Xiomi berikut kotaknya.

“Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait