Tebing Longsor, Satu Rumah Warga Kotabesi Terancam Ambruk 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Hujan deras yang mengguyur sebagain besar wilayah Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat pada Minggu (16/5) sore mengakibatkan bencana longsor yang mengancam ambruknya salah satu rumah warga di Pekon Kotabesi, kecamatan setempat. 

Peratin Kotabesi, Gunawan membenarkan peristiwa yang terjadi. Menurutnya, longsor tersebut terjadi ditengah guyuran hujan deras yang melanda kawasan setempat. 

Bacaan Lainnya


“Kejadiannya kemarin sore (Minggu Red) dan saat ini kami sedang dalam proses untuk menyampaikan laporan kejadian ke badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Lambar,” terang Gunawan saat dihubungi Senin (17/5). 

Kejadian ini, lanjutnya, merupakan kali kedua mengancam ambruknya rumah warga di lokasi tersebut. Insiden pertama, terjadi tepatnya sekitar tujuh tahun silam, dimana satu rumah telah ikut terseret longsor. 

“Tercatat ada dua rumah yang terdampak longsor, pertama terjadi pada tujuh tahun lalu, namun usai kejadian sudah beberapa kali ada upaya penanganan berupa pemasangan bronjong, tapi itu tidak bertahan lama dan saat ini kembali terjadi longsor,” jelasnya.

Atas kejadian ini pihaknya berharap segera ada upaya penanganan, minimal upaya kedaruratan dari BPBD guna mengantisipasi dampak yang lebih parah.

”Dengan adanya laporan nanti diharapkan ada upaya  penanganan yang bersifat kedaruratan karena kita khawatir kondisi ini akan semakin parah,” harapnya.

Selain itu, gunawan menambahkan bahwa hujan deras yang mengguyur wilayah setempat juga tidak hanya berdampak pada tebing longsor di sekitar pemukiman warga, namun terjadi juga di salah satu titik akses jalan di wilayah setempat.

“Hari ini kami bersama satgas penanggulangan bencana pekon juga bergotong royong membersihkan material longsor yang menimbun hampir sebagian badan jalan di lingkungan pekon. Alhamdulilah proses pembersihan selesai dilakukan dengan menggunakan peralatan seadanya,” imbuhnya.(edi/mlo)




Pos terkait