Tekan Laju Penyebaran Covid-19, Balikbukit Optimalkan Masa PPKM

  • Whatsapp
Sekretaris Disporapar Lambar Edy Jaya Saputra, S.STP

Medialampung.co.id – Kecamatan Balikbukit Kabupaten Lampung Barat, menjadi kecamatan dengan kasus Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) terbanyak di kabupaten setempat,  dan sempat menempatkan kecamatan tersebut masuk dalam zona merah, dan saat ini turun ke zona oranye.

Berbagai upaya dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 kecamatan setempat  dalam rangka menekan laju penyebaran kasus Covid-19 salah satunya mengoptimalkan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro.

Bacaan Lainnya


Camat Balikbukit Edy Jaya, S.STP., mengungkapkan,  pihaknya telah bergerak cepat menjalankan instruksi bupati No.1/2021 tentang PPKM berbasis mikro. Bahkan posko di seluruh pekon dan juga kelurahan di kecamatan setempat telah terbentuk, yang nantinya  petugas posko pekon dan kelurahan yang dikomandoi oleh peratin dan lurah berkoordinasi dengan Satgas Kecamatan memastikan bahwa protokol kesehatan (Prokes) telah diterapkan masyarakat dengan baik.

”Untuk posko di tingkat pekon dan kelurahan sudah terbentuk, tentunya sebagai kecamatan yang sempat berada di zona merah kami dari Satgas Kecamatan, pekon dan kelurahan berupaya semaksimal mungkin bagaimana menurunkan jumlah kasus penyebaran Covid-19, saat ini kasus Covid-19 semakin menurun dan sejak beberapa waktu lalu Kecamatan Balikbukit masuk zona oranye, dan insya Allah dalam waktu yang tidak lama bisa masuk ke zona hijau,” ungkap Edy Jaya, Selasa (9/3).

Dikatakannya, Satgas Covid-19 tingkat pekon kelurahan  hingga  tingkat pemangku dan lingkungan, dibentuk guna menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat, melakukan isolasi mandiri atau terpusat dengan pengawasan ketat terhadap warga yang positif Covid-19.

”Untuk kegiatan-kegiatan pengumpulan massa kami larang dan kami berlakukan sama, dan fungsi dari Pokso atau Satgas yang ada di Pekon dan juga kelurahan  itu dimaksudkan untuk memaksimalkan pengawasan, dan kami dari kecamatan selalu siap turun mendampingi,” tegas Edy Jaya. (nop/mlo)




Pos terkait