Tekan Tindak Kriminalitas, Pekon Lintik Aktifkan Siskamling

  • Whatsapp

Medialampung.co.id — Guna menekan tindak kriminalitas seperti pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian dengan pemberatan (Curat) dan pencurian kendaraan sepeda motor (Curanmor). Pemerintahan Pekon Lintik Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mulai mengaktifkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di setiap Pos Ronda (Poskamling) di Pekon setempat.

Peratin Pekon Lintik, Azwar, mengatakan keamanan wilayah terutama di Pekon merupakan tanggungjawab bersama, karena itu sebagai upaya mengantisipasi tindak kejahatan dan gangguan keamanan serta ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Pemerintah Pekon Lintik kembali mengaktifkan Siskamling.

Bacaan Lainnya



“Kita mendirikan empat Pos Ronda di Pekon ini untuk menghidupkan siskamling, sehingga dengan diaktifkannya Siskamling di malam hari itu dapat meminimalisir terjadinya tindak kejahatan,” katanya, Rabu (12/8).

Dijelaskannya, dalam kegiatan siskamling di setiap Pos Ronda di beberapa Pemangku itu dilakukan bersama anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas), warga dan aparatur Pekon setiap malam, bahkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas pun kerap melakukan pemantauan kegiatan Siskamling di Pekon setempat. Selain standby di Pos Ronda, anggota Linmas dan warga yang bertugas melakukan patrol diseluruh wilayah Pekon.

“Kegiatan patrol setiap malam itu untuk memastikan kondisi wilayah di Pekon ini benar-benar kondusif. Jika melihat ada hal-hal yang mencurigakan ke arah kriminalitas, akan segera ditindaklanjuti,” jelasnya.

Untuk itu, kata dia, dengan diaktifkannya Siskamling di Pekon Lintik itu diharapkan Kamtibmas di setiap Pemangku benar-benar tetap kondusif dan terjaga. Sehingga tidak terjadi tindak kejahatan yang berdampak terhadap masyarakat setempat. Pihaknya juga berharap peran serta masyarakat untuk Kamtibmas di Pekon lebih ditingkatkan lagi.

“Selain menjaga Kamtibmas, dan mencegah terjadinya aksi pencurian, Siskamling juga dapat memupuk dan mempererat tali silaturahmi antar masyarakat, karena itu kita berharap ini dipertahankan, demi kepentingan bersama,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)



Pos terkait