Telan Rp821 Juta, Festival Sekala Bekhak Hanya ‘ABS’

  • Whatsapp
Telan anggaran hingga Rp821.000.000, Festival Sekala Bekhak ke-6 belum mampu menyedot perhatian wisatawan asing dan luar daerah, bahkan pengunjung tidak seramai tahun lalu. (Foto Nopriadi)
Telan anggaran hingga Rp821.000.000, Festival Sekala Bekhak ke-6 belum mampu menyedot perhatian wisatawan asing dan luar daerah, bahkan pengunjung tidak seramai tahun lalu. (Foto Nopriadi)

Medialampung.co.id – Dari tahun ke tahun, penyelenggaraan event tahunan Festival Sekala Bekhak (FSB) tampak monoton. Meski menelan anggaran pantastis yakni sebesar Rp821 juta, namun festival yang sudah memasuki tahun keenam setelah berganti nama dari Festival Teluk Stabas tersebut belum mampu berdampak terhadap kemajuan pariwisata yang ditunjukkan dengan hadirnya wisatawan asing untuk menghadiri event tersebut.

Grand Opening FSB ke-6 diselenggarakan Sabtu malam (6/7) yang harusnya mampu menyedot perhatian masyarakat juga tampak hanya dihadiri oleh para pejabat, Aparatur Sipil Negara (ASN), dan ratusan pelajar dan warga sekitar. Sehingga Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporapar) tampak menyelenggarakan event tersebut seolah hanya sebatas ‘Asal Bapak Senang’ (ABS).

Bacaan Lainnya



“Dari tahun ke tahun penyelenggaran Festival Sekala Bekhak pengunjungnya makin menyusut, yang paling parah tahun ini, sepertinya pengunjung enggak sampai 1000 orang,” ungkap Tiyo, salah seorang pengunjung yang hadir di grand opening yang dihadiri oleh Bupati Hi. Parosil Mabsus, dan para pejabat Forkopimda di kabupaten setempat.

Harusnya, kata dia, promosi event ini harus digenjot sejak beberapa bulan lalu, sehingga tidak hanya menjadi ajang pelestarian budaya melainkan juga mampu menarik wisatawan dari luar daerah untuk datang menyaksikan.

“Tahun ini jangankan dari luar daerah, dari kecamatan-kecamatan juga tidak semua mengirimkan wakilnya untuk menghadiri grand opening ini, sehingga acara ini tampak seperti biasanya saja, bahkan lebih ramai pesta sekura pada saat lebaran,” ujarnya.

Sayangnya pihak penyelenggara belum bisa dikonfirmasi hingga berita ini diturunkan. (nop/mlo)



Pos terkait