Tempati Gedung Baru, Kader Posyandu Pekon Giham Ucapkan Rasa Syukur

Medialampung.co.id – Rasa senang, itulah yang terpancar di paras para kader Posyandu serta ibu balita Pemangku VI Pekon Giham Sukamaju, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat saat melaksanakan vaksinasi balita. 

Kebahagiaan itu karena mulai awal tahun ini, dalam rutinitas bulanan vaksinasi posyandu, sudah dapat dilaksanakan di Gedung sendiri yang dibangun Pemerintah Pekon Giham melalui Anggaran Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran 2021. 

Bacaan Lainnya

Dimana pembangunan gedung posyandu karena selama ini kegiatan vaksinasi balita maupun lanjut usia (lansia) masih dilaksanakan di rumah warga yang pemanfaatannya sistem sewa tempat. 

Ketua Kader Posyandu Mawar Putih Aryati menyampaikan terimakasih kepada pemerintah pekon, maupun Lembaga Himpun Pekon (LHP) dan unsur lainnya yang telah merealisasikan pembangunan Gedung Posyandu akhir 2021 yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam gerakan posyandu yang rutin dilaksanakan setiap bulan kepada sasaran bayi dan balita khususnya dan posyandu lansia serta berbagai kegiatan bidang lainnya.

Disebutnya, selama ini tempat imunisasi di pemangku tersebut masih nyewa di rumah warga. Dan namanya nyewa jelas belum memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP)

“Setelah adanya gedung ini dan sekarang sudah kami manfaatkan tugas dan kewajiban kami kader dibawah bimbingan Bidan Desa dan Perawat Pekon, dapat dilaksanakan lebih baik dan maksimal,” ungkapnya.

Terpisah Peratin Hermanto menegaskan pembangunan gedung posyandu melalui ADD TA 2021 tersebut, tahun ini sudah dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya untuk kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat, baik posyandu maupun yang lain berkaitan dengan kesehatan. 

Hermanto menegaskan fasilitas dan sarana kesehatan memang dianjurkan pemerintah untuk dimiliki pekon mulai dari tingkat dasar, seperti pemangku. 

Sebab kesehatan masyarakat sangat penting dan tidak kalah pentingnya seperti bidang pendidikan, karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat alias sehat.

Hermanto bahkan menyebutkan bidang kesehatan menjadi salah satu prioritas sasaran pemanfaatan Dana Desa, diantaranya yang sifatnya mendasar di masyarakat adalah upaya pencegahan kasus stunting.

Oleh sebab itu dalam mengaplikasikannya di lapangan, pihak pekon terus mengupayakan berbagai cara pencegahan seperti membangun fasilitas kesehatan diantaranya Gedung Posyandu dan berbagai lainnya. 

Oleh sebab itu pihaknya mengajak warga khususnya kaum perempuan, kader dan pihak medis betul-betul mampu menjadi garda terdepan dalam pencegahan munculnya stunting atau penyakit-penyakit lain dalam melindungi tunas bangsa.

Disisi lain dia menyampaikan terimakasih atas peran semua pihak mulai dari Pemerintah Pusat, Pemkab Lambar, Kecamatan. Serta para pendamping mulai dari pendamping kecamatan, PDTI, pendamping lokal desa, hingga warga yang telah bekerja sesuai prosedur dalam pembangunan gedung tersebut.

“Tugas kita selanjutnya merawat dan memanfaatkan fasilitas ini dengan baik,” tandasnya.(r1n/mlo)

Pos terkait