Tenaga Pendidik di Pesisir Selatan Jalani Vaksinasi Covid-19 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Biha Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melaksanakan program vaksinasi Covid-19 terhadap tenaga pendidik baik guru maupun kepala sekolah pada semua jenjang pendidikan yang ada di Kecamatan setempat, Selasa (22/6).

Kepala UPT Puskesmas Biha, Septono, S.Km, M.M., mengatakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini merupakan program lanjutan yang telah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Sedangkan, yang dilaksanakan hari ini dengan menyasar seluruh tenaga pendidik baik yang ada di Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun tenaga pendidik yang ada di Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat. Selain itu juga sekaligus melakukan vaksinasi terhadap lansia.

Bacaan Lainnya

“Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi tenaga pendidik ini merupakan tahap pertama, sedangkan untuk lansia itu merupakan vaksinasi tahap kedua,” katanya.

Dijelaskannya, secara keseluruhan ada 94 orang yang mengikuti pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut dengan rincian tenaga pendidik di tingkat SD dan SMA masing-masing sebanyak 15 orang, SMP sebanyak 56 orang dan lansia ada delapan orang. Sedangkan, dari hasil skrining sebelum menjalani vaksinasi itu hanya ada 82 orang yang lolos skrining sehingga bisa disuntik vaksin.

“Sementara itu, lainnya sebanyak 12 orang itu ditunda, dan belum bisa mengikuti vaksinasi Covid-10 karena dari hasil skrining ada yang sedang hamil, mengalami penyakit jantung, dan darah tinggi,” jelasnya.

Sehingga, masih kata dia, bagi yang ditunda karena tidak bisa mengikuti vaksinasi saat ini, maka akan dilakukan pada tahap berikutnya. Karena itu, pihaknya mengimbau kepada semua pihak dapat terus mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut, karena itu untuk kepentingan bersama dalam upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

“Kita juga tetap mengimbau kepada seluruh tenaga pendidik maupun lapisan masyarakat di Kecamatan Pesisir Selatan ini untuk terus menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun sebagai upaya untuk memutus rantai penularan Covid-19,” pungkasnya.(yan/mlo)




Pos terkait