Terendam Banjir, Ratusan Hektar Sawah di Waykanan Puso

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Curah hujan yang cukup tinggi di Waykanan dalam 2 minggu terakhir menyebabkan beberapa sungai besar yang ada di bumi Ramik Ragom Waykanan meluap dan bahkan mulai menggenangi persawahan di wilayah Pakuan Ratu, Negara Batin dan Negeri Besar.

Akibatnya petani merugi ratusan juta rupiah karena padi yang baru mereka tanam dan telah dipupuk menjadi puso akibat terendam banjir yang menggenangi sawah mereka.

Bacaan Lainnya

“Sebagian dari sawah petani yang sudah dipupuk dan diberikan perawatan maksimal, hingga berumur kurang lebih dua bulan tidak bisa diharapkan hasil panennya untuk 1 bulan mendatang, dikarenakan sudah beberapa hari ini terendam banjir, yang mengakibatkan batang padi membusuk dan roboh, akibat air kotor mengandung lumpur, padahal pemupukan dan penyemprotan perawatan untuk selanjutnya sudah dipersiapkan,” ujar I Made Pilih, salah satu petani Kampung Karang Agung Kecamatan Pakuan Ratu, Selasa (11/1).

Lebih jauh, Made yang sawahnya sudah 3 hari terendam banjir menyatakan, banjir tersebut mengakibatkan dampak yang sangat besar, diperkirakan dari 10 hektar sawah miliknya sekitar kerugian yang harus dia tanggung sekitar Rp.40 puluhan juta, beluk lagi teman-temannya yang lain, yang mirisnya islam hal tersebut ia sebagai petani tak bisa berbuat apa apa.

“Jika dalam Bulan Januari ini hujan masih seperti ini terus menerus, sudah bisa dipastikan petani merugi, dan kehilangan lapangan kerja untuk sementara, sedangkan di masa pademi seperti ini, kami butuh pemasukan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari,” imbuhnya.

Terpisah, Hi. Edi, Camat pakuan Ratu menyatakan bahwa pihaknya belum dapat memastikan berapa kerugian yang diakibatkan oleh banjir yang melanda kampung-kampung yang ada di Pakuan Ratu, karena pihaknya masih melakukan pendataan.

“Untuk berapa hektar dan berapa kerugian yang ditimbulkan banjir kali ini saya belum bisa memberikan keterangan resmi karena sedang dilakukan pendataan, yang pasti ratusan hektar sawah masyarakat saya pastikan puso,” akunya.(wk1/mlo)


Pos terkait