Terima di PTN, Tujuh Siswa Lambar Dapat Beasiswa

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lambar Bulki Basri, S.Pd, M.M

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Pemkab Lambar) tahun anggaran 2020 ini menyiapkan beasiswa kesenian bagi 10 orang lulusan sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat  yang diterima di  perguruan tinggi negeri (PTN) jurusan seni.

Hingga Kamis (17/9), jumlah penerima beasiswa bertambah satu orang sehingga menjadi tujuh orang. Itu artinya masih tersisa kuota untuk tiga orang lagi. 

Bacaan Lainnya

“Sejauh ini sudah ada tujuh siswa yang diterima di PTN Unila baik melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)  dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki Basri, S.Pd, M.M, Kamis (17/9). 

Ia menjelaskan, ketujuh orang yang diterima di Universitas Lampung (Unila) yaitu Refi Adesa Dewi asal SMAN 1 Waytenong jurusan pendidikan seni musik, Holmes Bastiar Sinaga asal SMAN 1 Liwa jurusan pendidikan musik, Rully Nurdagidsu asal SMAN 1 Sukau jurusan  pendidikan musik, Bayu Rizki Irawan asal SMAN 1 Waytenong jurusan pendidikan musik, Ahmad Rifanza asal SMAN 1 Waytenong dengan jurusan pendidikan musik, serta Roberto Alpiano asal SMAN 1 Belalau jurusan pendidikan musik, serta M.Dhimazz R. Langga Hernawan asal SMAN 2 Liwa diterima di jurusan pendidikan musik.

“Dari tujuh siswa yang diterima di PTN Unila tersebut, dua orang lulus melalui jalur SNMPTN dan lima orang diterima melalui jalur SBMPTN,” kata dia

Lebih jauh dia mengatakan, program beasiswa tersebut merupakan bagian dari peningkatan manajemen pelayanan pendidikan serta pengembangan SDM pendidikan dan kebudayaan.

Tujuannya membantu masyarakat mewujudkan impian untuk bisa berkuliah khususnya di jurusan seni, yang nantinya diharapkan bisa mengabdikan diri dan mengembangan budaya yang ada di Lambar serta menciptakan insan-insan pelaku seni budaya yang cakap secara akademis dan bakat guna mewujudkan Lampung Barat sebagai Kota Budaya. 

“Program ini juga merupakan upaya pemerintah agar seni budaya yang ada di daerah terus berkembang. Tentunya bisa terus dilestarikan. Terlebih Lambar merupakan daerah asal muasal suku Lampung, kaya akan seni budaya,” imbuhnya. 

Kata Bulki, adapun syarat penerima beasiswa,  merupakan anak-anak lulusan SMA sederajat di kabupaten setempat, lulusan dalam SNMPTN maupun Seleksi SBMPTN. 

“Beasiswa kesenian yang diberikan berupa biaya semester saja. Mudah mudahan dengan adanya program beasiswa ini diharapkan dapat membantu anak-anak Lambar khususnya yang diterima kuliah di jurusan seni pada  PTN,” tutupnya. (lus/mlo)


Pos terkait