Terkait Corona, Diskes Tanggamus Bentuk Satgas

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Tanggamus mengaku belum menerima laporan dari masyarakat terkait Virus Corona (Covid-19) yang sekarang lagi mewabah di sejumlah negara. 

Menurut Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat, belum adanya laporan bukan berarti Diskes diam, sebab diskes selalu berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) baik yang di Provinsi maupun pusat. 

Bacaan Lainnya



“Setiap pendatang yang datang dari luar negeri pasti di screening dulu oleh KKP di Bandara, kalau terdeteksi Corona maka langsung dilakukan tindakan isolasi. Sampai sekarang kami belum mendapatkan laporan,karena kalau ada pendatang dari luar negeri khususnya dari negara terkonfirmasi Corona maka KKP pasti memberikan notice kepada kami,” ujar Taufik Hidayat.

Dilanjutkan Taufik, bahwa Diskes Tanggamus sudah membentuk Satgas dalam menghadapi virus Corona yang awalnya berasal dari Republik Rakyat Tiongkok itu.

“Satgas sudah dibentuk, tenaga medis dan paramedis sudah di briefing dalam menghadapi Corona ini, kan masih banyak warga awam soal Corona ini, intinya jangan panik. Kalau mengalami gejala mirip Corona seperti demam, flu dan tenggorokan sakit, segara ke fasilitas kesehatan Puskesmas disana nanti didiagnosa dulu kalau memang suspect maka kita berkoordinasi dengan RSUD Abdoel Moeloek Bandar Lampung sebab rumah sakit rujukan Corona dan punya ruang isolasi khusus baru RS Abdoel Moeloek yang punya,” kata Taufik.. 

Taufik juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah terpancing isu hoax, menurut Taufik kasus seorang terkena Corona di Indonesia lantaran disebabkan interaksi dengan orang yang habis mengunjungi negara yang terkini Corona. 

“Contoh kasusnya dua warga depok yang positif Corona setelah berinteraksi dengan WNA asal Jepang. Atau sehabis pulang dari luar negeri, jadi jangan panik dan tetap waspada,” kata Taufik. 

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga pola bersih hidup sehat untuk menjaga serangan penyakit.

“Makan bergizi, konsumsi buah, istirahat cukup dan cuci tangan pakai sabun sebelum makan atau sesudah memegang hewan peliharaan dan jika flu gunakan masker,” ucap kadiskes. 

Kemudian terkait adanya dua warga Tanggamus yang beberapa waktu lalu pulang dari China, Taufik menegaskan bahwa keduanya sehat dan negatif Corona. “Kedua orang itu sehat, negatif Corona, harapannya jangan sampai ada warga Tanggamus terkena Corona,” pungkas Taufik. (rnn/ehl/mlo)



Pos terkait