Terkait Pengembangan Food Estate, Tim Verifikasi Sambangi Waykanan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tindak lanjut dari rapat pembahasan tentang akan didirikannya Food Estate di Waykanan beberapa waktu yang lalu, hari ini Waykanan didatangi oleh Tim Verifikasi terkait Pengembangan Food Estate pimpin oleh Ketua Tim Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Bogor Dr. Ir. M. Yusron, M.Phill., dan Anggota Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung Tri Kusnanto, S.S.T., yang diterima oleh Setdakab Waykanan Hi. Saipul, S.Sos, M.IP., di ruang rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Waykanan dengan diikuti oleh Dinas Instansi terkait.

Dihadapan Tim Verifikasi, Saipul menjelaskan bahwa apabila bisa memanfaatkan bidang pertanian di Kabupaten Waykanan dengan baik, maka kesejahteraan akan menghampiri para petani yang setempat, Itulah mengapa pemerintah Kabupaten Waykanan memohon dukungan terkait program food estate pada Pemerintah pusat yang tentunya menginginkan kesejahteraan bagi warganya.

Bacaan Lainnya


Di tempat yang sama, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura Dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Waykanan Ir. Maulana Muhidan, M.AP., mengatakan, bahwa program Food Estate sendiri sudah mulai dijalankan bertahap semenjak minggu lalu.

“Program ini sudah mulai dilakukan dari minggu lalu. Dan memang hal yang lumayan sulit adalah mengubah pemikiran para Petani yang ada. Pandangan Food Estate sendiri memang harus dijelaskan dengan baik kepada para Petani yang ada, akan tetapi keberadaan Kawasan Food Estate di Waykanan memang sangat cocok, karena Kabupaten Waykanan merupakan tempat yang strategis juga didukung oleh sarana transportasi yang lengkap. Tujuan spesifik dari program ini adalah terwujudnya pengembangan kawasan pangan melalui komoditi padi sawah terintegrasi dengan peternakan dan perkebunan yang inovatif, modern, berkelanjutan berbasis korporasi pertanian,” papar Ir. Maulana Muhidan, M.AP., Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura Dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Waykanan dihadapan Tim Verifikasi.

Sementara itu, Dr. Ir. M. Yusron, M.Phill., mewakili tim verifikasi memberikan tanggapan terkait pengembangan program Food Estate di Kabupaten Waykanan, dimana menurut Yusron, bahwa food estate itu nantinya akan mengubah pemikiran para petani yang dulunya hanya memikirkan diri sendiri dan mulai memikirkan antar kelompok sembari membentuk korporasi.

“Kabupaten Waykanan sendiri sudah sesuai dengan program Food Estate, tinggal sejauh mana komitmen dari Pemerintah Daerah terkait dukungan program Food Estate ini,  Sebab untuk saat ini Kabupaten Waykanan tampak lebih siap dibandingkan dengan Kabupaten Mesuji,” jelas Yusron.

Pembahasan kemudian kembali dilanjutkan dengan mencari hal – hal apa saja yang bisa menjadi kendala dalam menjalankan program tersebut dan jalan keluarnya secara bersama-sama.(wk1/mlo)




Pos terkait