Terkendala Anggaran Jembatan Waysemangka di Suoh Belum Ditangani

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Jembatan Waysemangka di Pekon Tuguratu Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat cukup memprihatinkan dan membahayakan pengguna jalan khususnya kendaraan roda empat (R4), mengingat lantai jembatan masih berupa kayu. 

Pihak kecamatan setempat telah mengajukan untuk peningkatan lantai jembatan dari kayu menjadi lantai plat baja. Namun harapan peningkatan tersebut belum juga terealisasi. 

Bacaan Lainnya

Camat Suoh Mandala Harto mengungkapkan, sejauh ini lantai jembatan yang masih berupa kayu kerap mengalami kerusakan sehingga membahayakan kendaraan yang melintas. Pihaknya bersama aparat pekon dan masyarakat secara rutin melakukan perbaikan pada lantai jembatan tersebut, hanya saja karena tidak ada pelindung dari panas dan hujan membuat lantai jembatan cepat rusak. 

“Karena itu kami telah mengajukan kepada pemerintah daerah, agar lantai jembatan yang masih berupa kayu bisa ditingkatkan menjadi jembatan berlantai plat baja, sehingga kendaraan yang melintas bisa lebih leluasa dan lebih aman,” ungkapnya.

Sementara itu Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Lambar Robert Putra, ST., membenarkan bahwa usulan peningkatan jembatan tersebut telah diajukan pihak kecamatan. Namun karena untuk tahun ini tidak memungkinkan di segi anggaran, maka usulan tersebut akan dipertimbangkan untuk direalisasikan pada tahun anggaran 2022 mendatang. 

“Kalau tahun ini tidak memungkinkan, insha Allah tahun 2022 mendatang. Penanganan jembatan tersebut memang sudah menjadi perhatian kami, tetapi kendalanya masalah anggaran. Kami berharap masyarakat bersabar dan untuk sementara waktu kendaraan R4 bermuatan kami imbau untuk melintasi jembatan yang satunya, sehingga lebih aman,” ujarnya. 

Untuk diketahui, jembatan tersebut beberapa kali nyaris menelan korban jiwa. Kejadian memilukan pernah dialami salah seorang pelajar SMA terjatuh dari jembatan tersebut akibat lantai jembatan yang lapuk, kemudian beberapa kendaraan R4 juga tersangkut akibat lantai jembatan amblas. (nop/mlo)


Pos terkait