Tertutup Awan Tebal, Hilal Tidak Terlihat di Pesbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) bersama tim BHR dari Pondok Pesantren Al-Fatah Natar, melakukan pemantauan Hilal untuk menentukan 1 Ramadhan 1442 Hijriyah yang dipusatkan di kawasan Wisata Labuhan Jukung Kecamatan Pesisir Tengah, Senin (12/4).

Kasi Bimas Islam, Irhamsyah, S.TH.I., mendampingi kepala kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pesbar, Hi.Yulizar Andri, S.T, M.Ag., mengatakan, Kabupaten Pesbar menjadi salah satu titik observasi pemantauan posisi hilal penetapan awal Ramadhan 1442 Hijriyah tahun 2021, yang dilaksanakan secara serentak se-Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Dalam pelaksanaan rukyatul hilal ini juga dihadiri oleh semua pihak-pihak terkait, dalam pelaksanaan kondisi cuaca cukup cerah, namun sedikit mendung” katanya.

Sehingga, dari hasil pemantauan tersebut tidak bisa melihat hilal dikarenakan tertutup awan tebal. Dari hasil Rukyatul Hilal di Pesbar ini juga langsung disampaikan ke kantor wilayah Kemenag Lampung. Sedangkan untuk penetapan awal Ramadhan juga akan diketahui setelah sidang isbat oleh Pemerintah Pusat.

“Untuk di Pesbar dari hasil pemantauan hilal tersebut memang sedikit terkendala, karena adanya awan tebal, dengan begitu hilal tidak bisa terlihat,” tandasnya.(yan/mlo)




Pos terkait