Terus Meningkat, Total Kasus Positif Covid-19 di Pesawaran 152 Orang

  • Whatsapp

Medialampung.co.Id – Grafik kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Pesawaran mengalami peningkatan. Berdasarkan update dari tim gugus, tercatat kasus baru mencapai 86 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Ketua Pelaksana Harian (Plh) Satgas Covid-19 Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa mengatakan Pesawaran yang sebelumnya dinyatakan sebagai daerah zona orange penyebaran Covid-19, saat ini statusnya meningkat menjadi Zona Merah. 

Bacaan Lainnya


“Ya cluster baru lonjakan dalam tiga minggu yang tidak bisa diatasi. Saat ini status Kabupaten Pesawaran naik menjadi zona merah penyebaran Covid-19,” ungkap Kesuma Dewangsa, Rabu (18/11) 

Dikatakan, peningkatan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pesawaran cukup signifikan. Dimana salah satu cluster baru dikarenakan adanya sejumlah anggota TNI (Marinir) yang baru pulang tugas dari luar daerah dan ternyata saat dilakukan pemeriksaan dinyatakan positif Covid-19.

Dan saat ini untuk kawasan Pesisir Pesawaran, khususnya markas Marinir, sudah melakukan pembatasan lokal untuk mengantisipasi adanya penyebaran yang lebih luas.

“Cluster dari marinir yang baru pulang dari BKO menjadi cluster baru. Dan kita juga sudah melakukan koordinasi untuk penanganannya,” ucapnya

Ditanya apakah adanya peningkatan cluster baru di wilayah pesisir, pemerintah daerah Pesawaran akan meninjau kembali pembukaan destinasi wisata? Diakuinya, hal itu belum akan dilakukan, mengingat cluster baru penyebaran Covid-19 bukan disebabkan dari tempat wisata

“Sementara belum (Ditutup *red) karena cluster penyebabnya bukan di tempat wisata. Namun, tempat wisata tetap disiplin protokol kesehatan dan pembatasan pengunjung,” jelasnya

Lebih jauh Kesuma menambahkan adanya sejumlah Kecamatan yang dinilai memiliki resiko tinggi penyebaran Covid-19. Diantaranya Kecamatan yaitu Gedongtataan, Negerikaton dan Teluk Pandan yang memiliki jumlah pasien Covid-19

“Oleh sebab itu, kita akan beri perhatian khusus terhadap daerah tersebut diantaranya dengan lebih memperketat protokol Kesehatan, begitu juga akan kita tekankan untuk Kecamatan lainnya. Untuk itu saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari, hal ini bertujuan agar tidak adanya penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pesawaran,” tutupnya. 

Diketahui total warga terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 152 orang, rinciannya 86 yang baru dan 66 warga yang kasus lama serta dari kasus lama tersebut sebanyak 60 orang dinyatakan sudah selesai menjalankan isolasi mandiri.(ozi/mlo)



Pos terkait