TGPP Covid-19 Batuketulis Gelar Operasi Yustisi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id- Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGPP) Covid-19 Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat melaksanakan operasi Yustisi dalam rangka penegakan disiplin Protokol Kesehatan, di Pasar Pekon Luas, Kamis (21/1).

Operasi Yustisi di pimpin Camat Batuketulis Sutian, S.Pd, M.M, Kepala UPT Puskesmas Batuketulus Sarwo Edi Wahono, S.K.M, diikuti sejumlah anggota gabungan TNI-Polri, Satpol-PP, petugas Puskesmas serta aparatur pekon.

Bacaan Lainnya




Dalam arahannya, Camat Batuketulis, Sutian menyampaikan bahwa, kegiatan operasi Yustisi kali ini adalah untuk mendisiplinkan para pelanggar Protokol Kesehatan (Prokes), dimana kegiatan yang dilakukan tim gabungan kecamatan itu merupakan kegiatan rutin.

“Kegiatan ini merupakan lanjutan dari apa yang kita sudah lakukan sebelumnya sejak pandemi Covid-19. Kali ini kami kembali turun ke objek pasar dengan harapan para pedagang maupun pembeli betul-betul menjalankan protokol kesehatan,” kata Sutian.

Sebab, komitmen masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan sangat diharapkan sebagai upaya utama guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 melalui 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. 

“Khususnya pada objek pasar, para pengunjung maupun pedagang pasar selain wajib memakai masker juga diwajibkan untuk mencuci tangan saat hendak masuk atau keluar dari pasar, dan bagi yang kedapatan melanggar kita beri sanksi seperti push up, dan menyanyikan lagu indonesia raya”jelasnya. 

Operasi yustisi tersebut, kata dia akan dilaksanakan secara terus menerus dan berkelanjutan terutama di tempat-tempat keramaian serta fasilitas-fasilitas umum lainnya. 

Sementara, Kepala UPT Puskesmas Batuketulis Sarwo Edi Wahono, menambahkan bahwa kegiatan itu digelar dalam rangka memberikan edukasi tentang penerapan protokol Kesehatan bagi seluruh pengunjung maupun pedagang.

“Kami memberikan penekanan terkait penerapan protokol kesehatan dan wajib mengenakan masker saat berada di luar rumah atau sedang melakukan aktivitas jual beli di pasar,” terangnya.

Menurutnya, edukasi pencegahan penularan wabah Covid-19 memang telah menjadi kegiatan rutin, dan untuk memaksimalkan sosialisasi pihaknya juga memasang spanduk tentang imbauan penerapan protokol kesehatan di sejumlah titik strategis.

“Masyarakat harus memahami bahwa kedisiplinan dalam mematuhi protokol kesehatan adalah kunci untuk memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19,” imbuhnya.(edi/mlo)


Pos terkait