The Mask of Zorro, Kisah Pendekar Pedang Bertopeng Misterius

  • Whatsapp
Foto: Net/Istimewa

Medialampung.co.id – Dirilis tahun 1998 silam, The Mask of Zorro merupakan film Amerika Serikat tentang sosok pendekar pedang bertopeng, Zorro yang diciptakan oleh Johnston McCulley. Film ini disutradarai oleh Martin Campbell dan dibintangi Antonio Banderas, Anthony Hopkins, Catherine Zeta-Jones dan Stuart Wilson.

Dilansir dari laman IMDb, Senin, 24 Februari 2020, film ini mengisahkan Zorro asli, Don Diego de la Vega (Hopkins) yang kabur dari penjara untuk menemukan putrinya telah lama hilang, Elena (Zeta-Jones) dan membalaskan dendam kematian istrinya yang dibunuh oleh gubernur korup, Rafael Montero (Wilson).

Bacaan Lainnya



De la vega dibantu oleh penerusnya (Banderas) yang juga punya dendam pada tangan kanan sang gubernur. Karakter Banderas kemudian dikisahkan jatuh cinta pada Elena.

Film dimulai ketika pada tahun 1821, Don Diego de la Vega, seorang bangsawan California, bertempur melawan tentara dalam Perang Kemerdekaan Meksiko sebagai Zorro, seorang pendekar pedang bertopeng misterius yang membela para petani Meksiko dan rakyat jelata Las California.

Don Rafael Montero, gubernur yang korup di kawasan itu, mempelajari alter ego De La Vega dan upaya untuk menangkapnya.

Istri De la Vega, Esperanza, yang jatuh cinta pada Montero, terbunuh dalam perkelahian. Montero memenjarakan de La Vega dan mengambil putrinya yang masih bayi, Elena, sebagai anaknya sebelum kembali ke Spanyol.

20 tahun kemudian, Montero kembali ke California sebagai warga sipil, bersama Elena yang telah tumbuh menjadi wanita cantik dan menyerupai mendiang ibunya. Kemunculan Montero memotivasi de La Vega untuk melarikan diri dari penjara. Dia bertemu seorang pencuri, Alejandro Murietta yang sebagai seorang anak, menyelamatkan hidup Zorro selama pertarungan terakhirnya.

De la Vega memutuskan bahwa nasib telah menyatukan mereka dan setuju untuk menjadikan Alejandro sebagai anak didiknya sekaligus menjadikannya Zorro baru.

Alejandro setuju untuk menjalani rejimen pelatihan de La Vega di gua rahasia Zorro untuk dapat membalas dendam pada Kapten Harrison Love, tangan kanan Montero, yang bertanggung jawab atas pembunuhan saudara laki-laki Alejandro, Joaquin.

Alejandro kemudian menyamar sebagai tamu bangsawan bernama Don Alejandro del Castillo y García, dengan de la Vega sebagai pelayannya, dan menghadiri pesta di Montero. Di pesta itu, ia tertarik pada Elena dan mendapat cukup kepercayaan Montero untuk diundang ke pertemuan rahasia, di mana beberapa bangsawan lain hadir.

Montero mengisyaratkan sebuah rencana untuk merebut kembali California untuk dan menyatakannya sebagai republik independen dengan membelinya dari Jenderal Santa Anna, yang membutuhkan uang untuk Perang Meksiko-Amerika yang akan datang.

Montero membawa Alejandro dan para bangsawan ke tambang emas rahasia yang dikenal sebagai El Dorado, di mana petani dan tahanan digunakan untuk kerja paksa. Montero berencana untuk membeli California dari Santa Anna menggunakan emas yang ditambang dari tanah Santa Anna sendiri. De la Vega menggunakan kesempatan ini untuk menjadi lebih dekat dengan Elena.

Sambil berjalan di pasar, Elena bertemu dengan wanita yang merupakan pengasuhnya yang memberitahu Elena identitas asli orangtuanya. De la Vega mengirim Alejandro, berpakaian seperti Zorro, untuk mencuri peta Montero yang mengarah ke tambang emas.

Zorro berduel dengan Montero, Love dan penjaga mereka. Ketika Zorro melarikan diri, Elena mencoba mengambil peta Montero dari Zorro. Keduanya pun jatuh cinta.

Montero, atas desakan Love, memutuskan untuk menghancurkan tambang dan membunuh para pekerja. De la Vega memberitahu Alejandro untuk membebaskan para pekerja sendiri sehingga de La Vega dapat merebut kembali Elena. (viva/mlo)