Tidak Laksanakan Inbup Pesbar, Inspektorat Panggil Lima Peratin

Medialampung.co.id – Inspektorat Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) hingga kini masih terus memanggil para Peratin yang diduga tidak mematuhi dan melaksanakan Instruksi Bupati (Inbup) Pesisir Barat No.5/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada kriteria Level 3, dan mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19 di Kabupaten setempat.

Plt.Inspektur Kabupaten setempat, Henri Dunan, S.E, S.H, M.H., mengatakan sebelumnya Inspektorat Kabupaten Pesbar, juga telah melayangkan surat ke seluruh Camat dan Lurah/Peratin se-Kabupaten setempat, perihal pemberitahuan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, yang tertuang dalam surat nomor : 700/173/III.01/2021, tanggal 19 Agustus 2021. Serta imbauan terkait dengan penerapan Instruksi Bupati Pesbar No.5/2021 tersebut.

Bacaan Lainnya


“Tapi, hingga kini masih ada Pekon yang tidak mematuhi dan melaksanakan instruksi bupati itu, sehingga kita melakukan pemanggilan terhadap Peratin,” katanya, Selasa (24/8).

Dijelaskannya, hingga kini tercatat ada lima Pekon yang masuk dalam laporan di Inspektorat Pesbar yang diduga tidak mematuhi dan melaksanakan instruksi bupati Pesbar tersebut antara lain Pekon Negeri Ratu, Kuripan, Walur dan Pekon Pemancar yang ada di Kecamatan Pesisir Utara, serta Pekon Negeri Ratu Ngaras Kecamatan Ngaras.

“Semuanya masih dalam tahap proses pemanggilan untuk permintaan keterangan terkait dengan instruksi bupati Pesbar tersebut, hingga kini Peratin yang bersangkutan itu rata-rata memenuhi panggilan Inspektorat,” jelasnya.

Sedangkan, lanjutnya, Peratin yang telah dipanggil untuk permintaan keterangan ke Inspektorat tersebut yakni Peratin Pekon Kuripan dan Negeri Ratu Kecamatan Pesisir Utara pada tanggal 18 Agustus 2021. Kemudian, Peratin Walur dan Pemancar Kecamatan Pesisir Utara pada tanggal 20 Agustus 2021, dan Peratin Pekon Negeri Ratu Ngaras Kecamatan Ngaras tanggal 23 Agustus 2021. Semua Peratin yang telah dipanggil tersebut masih tetap akan dilakukan pemanggilan kembali. Meski telah dipanggil, namun itu belum tuntas dan nanti masih akan dilakukan pemanggilan kembali.

“Pada prinsipnya Inspektorat akan maju terus, dan jika masih ada Peratin yang melakukan pembiaran dalam kegiatan yang melanggar protokol kesehatan, terlebih di Pesbar saat ini masih PPKM level 3 tentu akan kita panggil. Ini semua untuk keselamatan masyarakat,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait