Tidak Pakai Masker Saat Pergi ‘Nayuh’, Ny. M Terpapar Covid-19

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tidak menerapkan protokol kesehatan (Prokes) sebagaimana anjuran pemerintah saat menghadiri pesta (nayuh), Ny. M (48) warga Kecamatan Waytenong Kabupaten Lampung Barat, dinyatakan positif terpapar Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) berdasarkan rilis terbaru yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung.

Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19, Bidang Komunikasi Publik Pada Dinkes  Lambar Erna Yanti, S.Farm, Apt, MPH., mengungkapkan, Ny. M tidak pernah kemana-mana, hanya saja sempat menghadiri salah satu acara pesta di kecamatan setempat dan tidak menerapkan protokol kesehatan sehingga diduga itu melatar belakangi Ny. M  terpapar Covid-19.

Bacaan Lainnya

”Ny. M saat ini masih di rawat di Rumah Sakit Handayani Kotabumi, dia dirawat sejak tanggal 11 Januari lalu, untuk riwayatnya tidak pernah melakukan perjalanan ke luar daerah, hanya saja sempat menghadiri pesta dan tidak menggunakan masker,” ungkap Erna.

Dengan bertambahnya satu kasus tersebut, kata dia, maka total warga terpapar Covid-19 di Lambar saat ini menjadi 115 dengan rincian 10 orang meninggal dunia, 24 orang  isolasi dan 81 lainnya sudah dinyatakan sehat atau sembuh, dan kini sudah diperkenankan untuk beraktfitas seperti biasa namun tetap mematuhi protokol kesehatan.

”Untuk tracing pada kasus terbaru  terus kami lakukan, dan sekarang masih dalam pendataan,  tentunya orang-orang yang sempat melakukan kontak erat dengan y. M akan kami lakukan rapid test untuk selanjutnya jika hasilnya reaktif maka akan ditindaklanjuti dengan Swab,” kata dia. 

Mengingat pandemic Covid-19 terus bertambah bahkan jumlah pasien  terpapar Covid-19 cenderung meningkat, maka pihaknya  mengajak  seluruh lapisan masyarakat untuk terus meningkatkan protokol kesehatan.  Kemudian meskipun acara pesta tidak dilarang, namun masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

”Ayo kita sama-sama menerapkan protokol kesehatan, kita  harus mampu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sehingga pandemi ini segera berakhir,” pungkasnya. (nop/mlo)


Pos terkait