Tiga Calon Kakam Sukajawa Dipilih 153 Orang dari 8 Unsur

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemilihan Kepala Kampung Sukajawa, Kecamatan Bumiratunuban, Lampung Tengah, rencananya digelar pada Rabu (24/11). Dari sembilan bakal calon mengerucut menjadi tiga calon.

Pj. Kakam Sukajawa Slamet menyatakan awalnya enam bakal calon. “Enam bakal calon ini mengikuti seleksi tes di kecamatan, Jumat (19/11). Yakni Hodari, Sukanda, Agus Salim, Solihin, Santi Maya Sari, dan Very Johanes. Hasil seleksi ditetapkan tiga calon, yakni Very Johanes (di luar kampung), Agus Salim (Kadus I), dan Santi Maya Sari (Sekkam),” katanya.

Bacaan Lainnya

Dari tiga calon ini, kata Slamet, akan ditentukan oleh peserta musyawarah dari delapan unsur di sembilan dusun sebanyak 153 orang. “Satu dusun ada 17 orang perwakilan. Unsur perwakilan tokoh agama (imam masjid/mushola/pengajian); tokoh masyarakat (mantan Kakam, Kadus, dan BPK); unsur wanita (KWT, posyandu, dan PKK); unsur kelompok tani (pengurus); tokoh pemuda (Karang Taruna); tokoh pendidikan (guru atau kepala sekolah); unsur kelompok pra sejahtera (pengurus PKH); dan unsur pengrajin (pengrajin variasi dll.),” paparnya.

Sistem pemilihan, kata Slamet, ditentukan oleh peserta musyawarah. “Peserta musyawarah yang memilih, apakah akan dilakukan voting terbuka atau tertutup? Atau mungkin nanti aklamasi. Kalau aklamasi sepertinya bakal nggak terjadi,” ungkapnya.

Slamet berharap agar pemilihan berjalan lancar, sukses, dan tidak ada kendala. “Siapa yang terpilih bisa menjaga amanah masyarakat Kampung Sukajawa. Bagi yang tak terpilih bisa legawa dan bisa bersama membangun Kampung Sukajawa,” katanya.

Pemilihan Kakam ini, kata Slamet, dianggarkan dari APBK  (Anggaran Penerimaan dan Belanja Kampung). “Anggarannya sekitar Rp32.000.000,” tegasnya. (sya/mlo)

Pos terkait