Tiga Inovasi Pemkab Tanggamus Lolos Seleksi KIPP 2021

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tiga proposal Pemkab Kabupaten Tanggamus lolos seleksi, Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) atau Sinovik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). 

Ketiga inovasi Pemkab Tanggamus yang lolos seleksi itu masing-masing berjudul Semua Bisa Sekolah dari Dinas Pendidikan, Bank Darah Hidup dari Kecamatan Gisting dan Senja Yang Indah (Sehat Sejahtera Yang Menjadi Impian dan Asa di akhir Hayat) dari UPT Puskesmas Siring Betik.

Bacaan Lainnya


Menurut Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus, Ristika Trianita, Pemkab Tanggamus awalnya mengajukan lima proposal, namun setelah dilakukan seleksi awal, hanya tiga yang dinyatakan lolos seleksi. Dua yang tidak lolos yakni pelayanan kolektif (Pelakol) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Perizinan di tengah masyarakat yang ramah, amanah,tegas dan unggul (Perikat Ratu) Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

“Kita mengajukan lima proposal, namun tiga yang lolos seleksi awal. Dua yang tidak lolos mungkin inovasinya belum tereksplor dan ada beberapa kriteria yang belum masuk sesuai persyaratan sehingga belum bisa lolos seleksi awal,” kata Ristika, Minggu (23/5)

Dilanjutkan Ristika, setelah pengumuman seleksi awal tahapan selanjutnya adalah verifikasi, wawancara dan observasi lapangan.

“Proses penilaian KIPP ini diagendakan selesai bulan Juli 2021 dan hasilnya dijadwalkan diumumkan pada bulan September 2021. Kami mohon agar masyarakat Tanggamus mendoakan supaya bisa masuk top inovasi nasional,” pungkas Ristika.

Untuk diketahui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengajak instansi pemerintah untuk mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2021. Dikutip resmi dari laman resmi Kemenpan RB bahwa pelaksanaan KIPP 2021 ini mengacu pada Peraturan Menteri PANRB No. 7/2021 tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD. 

Dalam pelaksanaan KIPP, akan dilakukan tahapan seleksi dan penilaian hingga ditetapkannya Finalis Top Inovasi. Finalis tersebut kemudian diseleksi kembali sehingga menghasilkan Top Inovasi Terpuji.(ehl/rnn/mlo)




Pos terkait