Tiga Kelurahan di Bandarlampung Ikuti Ajang Kelurahan Berprestasi 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tiga kelurahan di wilayah Kota Bandarlampung masuk mewakili dalam ajang Lomba Kelurahan Berprestasi tahun 2021.

Ketiga kelurahan itu yakni Kelurahan Pematang Wangi, Kecamatan Tanjung Senang, Kelurahan Sumberejo Sejahtera Kecamatan Kemiling, dan Kelurahan Susunan Baru, Kecamatan Tanjungkarang Barat (TKB).

Walikota Eva Dwiana berharap kelurahan yang terpilih untuk mengikuti ajang lomba Kelurahan Berprestasi 2021 sudah mendapatkan penilaian, jadi siapapun nanti yang mewakili Kota Bandarlampung bisa menjadi yang terbaik di tingkat provinsi.

“Seluruh kelurahan di Kota Bandarlampung pada prinsipnya luar biasa dan bagus,” ujarnya.

Artinya, lanjut Eva, setiap kelurahan sudah bisa memberikan informasi dan pelayanan yang sangat luar biasa kepada masyarakat.

“Jadi di ajang ini kita tidak semua bisa menjadi yang pemenang hanya satu kelurahan saja yang nanti mewakili sebagai Kelurahan berprestasi,” imbuhnya

Bunda Eva–sapaan akrabnya, meminta tim penilai objektif dalam memilih dan nantinya kelurahan yang terbaik akan mewakili Kota Bandarlampung di tingkat provinsi hingga ke tingkat nasional.

Kriteria penilaian sebagai kelurahan berprestasi dimulai dari kebersihan, administrasi, keadaan kantornya. Komunikasi antara kecamatan, kelurahan ke masyarakat dan PKK.

“Jadi ini benar-benar dari yang terkecil penilaiannya semuanya ketahuan yang rajin dan gak rajin,” tandasnya. 

Sementara Lurah Pematang Wangi Toni Andriansyah mengatakan dia sangat optimis kelurahannya bisa menjadi yang terbaik dalam ajang Lomba Kelurahan Berprestasi 2021.

“Saya pribadi optimis dan ingin yang terbaik, ya itu tergantung dari penilaian juri,” tuturnya saat dijumpai awak media di halaman kantor kelurahan.

Pihaknya dalam ajang tersebut yang jelas sudah memenuhi apa yang menjadi persyaratan seperti administrasi, kelengkapan toga, kelengkapan organisasi posyandu sudah dipersiapkan. Termasuk keamanan dan juga masalah Covid-19 juga dibicarakan di sini.

“Dan memang Alhamdulillah kita Covid-19 di kelurahan pematang wangi sedikit dari lima kelurahan lainya dan itu tidak kurang hanya 6 kasus,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk kriteria-kriteria penilaian dalam ajang lomba tersebut sesuai dengan yang telah diungkapkan Walikota Bandarlampung Eva Dwiana, diantaranya masalah administrasi kantor, administrasi di PKK, posyandu serta pelayanannya masyarakat. 

“Kita sebagai peserta lomba tentunya siap apapun itu dan untuk tim penilai macam-macam ada dari kesehatan, pendidikan, PMK, dan lainnya jadi semua sudah siap untuk perlombaan ini,” beber Toni.

Perlombaan ini nanti diawali dari tingkat kecamatan terlebih dahulu, lalu ke tingkat kota, tingkat provinsi dan diakhiri di tingkat nasional.

Bahkan kelurahan ini sebelumnya sempat meraih juara II pada ajang yang sama di tahun 2016 lalu.

“Dulu kami pernah ikut juara II di tahun 2016. Ini ajang lima tahun sekali. Nama ajangnya Kelurahan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat,” tutupnya.(*/mlo)




Pos terkait