Tiga OTG Covid-19 di Pekon Trimulyo Sembuh

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tiga warga di Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) sempat terpapar Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) dan melakukan karantina mandiri selama 14 hari sesuai anjuran kesehatan.

Kini ketiganya yakni pasangan suami istri (Pasutri) ‘R’ dan ‘L’ dan tetangga ‘P’ telah dinyatakan bebas atau negatif dari virus yang sejak tujuh bulan ini menghantui masyarakat. 

Bacaan Lainnya



Peratin Trimulyo, Buchori, S.P., menyebutkan ketiga warga yang terpapar Covid-19 klaster Bandarlampung tersebut, telah dinyatakan negatif, setelah menempuh karantina mandiri selama 14 hari dengan hasil baik tetap sehat dari awal sampai selesai isolasi.

Dijelaskannya, pernyataan bebas Covid-19 terlebih diberikan kepada pasutri R dan L, karena keduanya terlebih dahulu melaksanakan isolasi mandiri setelah hasil swab-nya keluar oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Lambar, menyusul Lima hari kemudian ‘P’ yang merupakan tetangga depan rumah pasutri tersebut.

“Meski telah dinyatakan negatif oleh pihak puskesmas, namun ketiganya tetap diwajibkan mentaati protokol kesehatan (prokes) seperti penggunaan masker, rajin cuci tangan dan tetap menjaga jarak,” katanya.

Seperti diketahui, R dan L terdeteksi terpapar Covid-19 setelah pihak puskesmas melakukan rapid test massal kepada warga Kecamatan Gedungsurian yang telah bepergian keluar kabupaten.

Ketika rapid test Pasutri yang telah melakukan perjalanan ke Bandar Lampung reaktif, dan hasil swab positif, walaupun OTG sehingga dilakukan karantina mandiri. 

Kemudian puskesmas melakukan tracing warga yang sempat kontak erat dengan kedua warga tersebut dan hasilnya satu warga lainnya yang berstatus tetangga reaktif dan di swab juga positif. 

Sementara hasil swab beberapa warga lainnya termasuk anak dari pasutri R dan L dinyatakan negatif. Sehingga saat ini kasus Covid-19 Pekon Trimulyo dan Kecamatan Gedungsurian  Nol (Zero).(rin/mlo)



Pos terkait