Tiga Pasien Covid-19 Dievakuasi ke RSUD Ryacudu Kotabumi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tiga warga asal Kecamatan Abung Selatan dan Sungkai Utara terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab test oleh Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Lampung, pada Senin, (24/8).

Kepala Sekretariatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Lampura, Sanny Lumi, sekaligus Plt. Kadiskominfo mewakili Ketua GTPP, Budi Utomo, sekaligus Plt Bupati, Selasa (25/8), mengatakan, tiga orang terkonfirmasi positif berasal dari Kecamatan Sungkai Utara (1) dengan nama warga Lampura terkonfirmasi ke-26 (K#26 LU). Dan Abung Selatan (2) warga masing-masing terkonfirmasi ke-27 (K#27 LU) serta ke-28 (K#28 LU).

Bacaan Lainnya



“K#26 LU masuk ke dalam cluster Muaraenim, Sumsel. Sementara K#27 dan K#28 adalah orang tua dari warga terkonfirmasi sebelumnya (K#24). Yang masih terhitung kerabat dekat (anak),” kata Sanny dalam keterangan resminya malam ini.

Menurutnya, untuk pasien K#26 adalah pekerja berusia 47 tahun yang sedang pulang karena mengambil cuti untuk berlibur di kediaman keluarganya dengan menggunakan kendaraan umum jenis travel pada Kamis, 13 Agustus 2020 lalu. 

Saat akan pulang, yang bersangkutan melakukan pemeriksaan guna persyaratan memasuki dunia kerjanya lagi pada, Sabtu 22 Agustus 2020 di RSU Handayani Kotabumi dengan hasil Rapid Test reaktif dan dilanjutkan dengan swab test.

“Minggu, 23 Agustus 2020, sampel liur hidung dan tenggorokan dikirim ke Labkesda Provinsi Lampung untuk diperiksa,” terangnya.

Sementara, pasien K#27 LU dan K#28 LU merupakan orang tua dari pasien K#24 pernah dikunjungi kerabatnya yang berasal dari Bogor, Jabar (cluster Bogor, red). Sempat dilakukan pemeriksaan kesehatan melalui swab test I, Sabtu 22 Agustus 2020, dan swab test II, Minggu, 23 Agustus 2020.

“Sehingga mereka kita jemput, setelah diketahui positif covid-19. Untuk dilakukan perawatan sekaligus isolasi di fasilitas yang disediakan pemerintah,” tambahnya.

Saat ini pihaknya, tengah melakukan tracing terhadap warga yang disinyalir pernah kontak erat dengan mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 pasca musda tersebut. Serta dilakukan isolasi oleh tim kepada bersangkutan.

“Kami mengingatkan warga dengan adanya kejadian ini dapat meningkatkan kewaspadaan. Serta terus menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, mulai dari memakai masker, jaga jarak dan melaksanakan pola hidup sehat dan bersih (PHBS) di lingkungan masing. Khususnya di era new normal saat ini,” pungkasnya.(ozy/mlo)



Pos terkait