Tiga Pekon akan Dibentuk Menjadi Desa Tangguh Bencana

  • Whatsapp
Kepala BPBD Lambar Maidar, S.H , M.Si

Medialampung.co.id – Tiga pekon di Kabupaten Lampung Barat tahun ini akan dibentuk menjadi desa tangguh bencana.

“Ketiga pekon yang akan dibentuk menjadi desa tangguh bencana itu yakni Pekon Sumberagung Kecamatan Suoh, Pekon Bandar Agung Kecamatan Bandarnegeri Suoh serta Pekon Ujung Kecamatan Lumbokseminung,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maidar, S.H, M.Si.

Maidar menjelaskan,  pembentukan desa tangguh bencana ini telah dimulai sejak tahun 2016 dan hingga saat ini di Kabupaten Lambar sudah ada tujuh pekon yang ditetapkan menjadi desa tangguh bencana yaitu Kelurahan Tugu Sari dan Pekon Simpangsari Kecamatan Sumberjaya. Kemudian, Pekon Campangtiga  Kecamatan Batuketulis, Pekon Sukamakmur Kecamatan Belalau, Pekon Tuguratu dan Pekon Sukamarga Kecamatan Suoh, serta Pekon Tembelang Kecamatan Bandarnegeri Suoh.

“Jadi tahun 2016  ada dua pekon/kelurahan, tahun 2018 dua pekon serta tahun 2019 ada tiga pekon yang dibentuk menjadi desa tangguh bencana,” imbuhnya  

Setelah dibentuk menjadi desa tangguh bencana, lanjut Maidar, programnya ke depan yaitu aparat di desa-desa beserta masyarakatnya, terutama tim sukarelawan satgas bencananya akan diberikan pembinaan tentang bagaimana untuk mengantisipasi bencana hingga pada upaya penanggulangan bencana. (lus/mlo)



Pos terkait