Tiga Pekon di Batuketulis Raih Status Wilayah ODF

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Setelah melalui tahapan dan proses yang cukup panjang, akhirnya tiga pekon di Kecamatan Batuketulis yakni Pekon Atarkuwau, Atarbawang dan Wayngison telah dinyatakan lolos dan berhasil meraih predikat wilayah Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari aktivitas buang air besar sembarangan. Hal tersebut berdasarkan hasil verifikasi oleh tim Dinas Kesehatan Provinsi Lampung yang digelar pada Selasa (18/5). 

Seperti diketahui, sesuai target Bupati Parosil Mabsus di tahun 2021 ini seluruh pekon dan kelurahan ditargetkan mencapai status pekon ODF untuk mendukung terwujudnya Kabupaten ODF.

Bacaan Lainnya

“Apa yang berhasil diraih ini buah dari hasil kerja keras bersama baik pemerintah pekon, kecamatan, puskesmas dan dinas kesehatan termasuk unsur lintas sektoral babinsa dan babinkamtibmas. Berkat sinergitas, apa yang menjadi target dan keinginan kita alhamdulilah dapat tercapai,” kata Camat Batuketulis Sutian, S.Pd, M.Pd.

Disamping tiga pekon itu, lanjutnya, pihaknya masih menunggu hasil verifikasi tiga pekon lainnya yaitu pekon Argomulyo, Luas dan Pekon Bakhu yang akan diverifikasi tim provinsi pada Rabu (19/5).

“Tahun ini ada enam pekon yang akan diverifikasi, dengan lolosnya tiga pekon hari ini, masih ada tiga pekon lagi yang akan diverifikasi besok. Semoga membuahkan hasil yang sama,” harapnya.

Sementara itu, kepala UPT Puskesmas Batuketulis Sarwo Edi Wahono, S.K.M, Mengatakan kegiatan verifikasi dari tim provinsi ini dilakukan untuk mengecek langsung kondisi real di lapangan untuk mengetahui akses jamban yang dimiliki oleh masyarakat apakah telah memenuhi standar.

“Alhamdulilah verifikasi sukses, dan tiga pekon kita lolos atau telah memenuhi kriteria untuk menjadi pekon ODF, semoga ketiga pekon lainya besok juga memberikan penilaian yang sama, sehingga Kecamatan Batuketulis menjadi Kecamatan ODF,” harapnya.(edi/mlo)

Pos terkait