Tiga Pekon Sosialisasi Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19 di GSG Pekon Tribudisyukur

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bertempat di aula GSG Pekon Tribudisyukur, Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat Kamis (15/7), Satgas Covid-19 Pekon Tribudisyukur, Purawiwitan dan Muarabaru mengikuti sosialisasi dan pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19. 

Seperti diketahui pelatihan pemulasaran Jenazah tersebut penting dilakukan pekon khususnya sebagai langkah antisipasi bila terjadi hal yang terburuk yakni kasus kematian virus corona di pekon masing-masing. Apalagi saat ini kondisi pandemi justru mengalami peningkatan dengan varian delta. 

Bacaan Lainnya

Kegiatan pelatihan itu sendiri dibuka langsung Camat Ernawati, S.E., bersama Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kebuntebu, NS Hendri Saputra, S.Kep.

“Pelatihan pemulasaran jenazah untuk tiga pekon ini atas usulan dari satgas ketiga pekon. Dan kegiatan ini sendiri tindaklanjut dari pelatihan serupa tingkat kecamatan pekan kemarin yang juga diikuti oleh seluruh peratin,” terang Hendri Saputra. 

Dijelaskannya sosialisasi pelatihan pemulasaran jenazah oleh pihak puskesmas kepada satgas pekon dilakukan secara detail, mulai dari penanganan jenazah mengkafani, hingga memandikan, masuk peti atau kantong plastik jenazah hingga pemakaman. 

Tujuan pelatihan itu tentunya untuk memberikan kesiapan kepada pekon ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. “Kalau sudah terbentuk tim pemulasaran jenazah pekon dan kecamatan seandainya sewaktu-waktu  dibutuhkan dapat dihandle langsung,” ujarnya.

Namun demikian Hendri berharap tim pemulasaran itu tidak bekerja, artinya tidak ada kasus kematian karena terpapar covid-19 kedepannya. Dengan catatan perketat protokol kesehatan (prokes). 

Sementara terpisah disampaikan Camat Ernawati, diharapkan semua pekon memiliki tim pemulasaran yang siap dan siaga. Agar pekon dapat melakukan penanganan cepat ketika terjadi kasus kematian seperti yang beberapa kali terjadi. “Semoga pelatihan ini memberikan kesiapan pekon ketika terjadi hal urgen,” ujarnya. 

Begitu juga disampaikan Peratin Tribudisyukur E. Suharma, pihaknya menyampaikan terimakasih kepada tim kecamatan khususnya pihak puskesmas yang telah memberikan pelatihan. “Semoga dengan adanya pelatihan ini masyarakat sudah siap ketika dihadapkan dengan kemungkinan atau hal- hal terburuk sekalipun. Namun demikian kita tetap berdoa agar virus corona ini segera berlalu,” tandasnya.  (r1n/mlo)


Pos terkait