Tiga Pekon Turut Lolos Verifikasi, Batuketulis Resmi Jadi Kecamatan ODF 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Jika sebelumnya tiga pekon di Kecamatan Batuketulis yakni Pekon Atarkuwau, Atarbawang dan Wayngison telah dinyatakan lolos dan berhasil meraih predikat wilayah Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari aktivitas buang air besar sembarangan. Hasil yang sama juga diraih oleh tiga pekon lainnya yaitu Pekon Argomulyo, Luas dan Pekon Bakhu, Rabu (19/5). 

Dengan demikian, kelulusan enam pekon tersebut dalam kegiatan verifikasi oleh tim Dinas Kesehatan Provinsi Lampung maka kini kecamatan itu resmi meraih predikat kecamatan ODF. 

Bacaan Lainnya

Camat Batuketulis Sutian, S.Pd, M.Pd, menyampaikan rasa syukur serta ungkapan terimakasih atas kerjasama dari unsur lintas sektoral, dinas kesehatan, pemerintah pekon, unsur babinsa dan babinkamtibmas serta seluruh lapisan masyarakat yang telah berhasil mewujudkan kecamatan itu sebagai wilayah ODF.

“Sama seperti sebelumnya, ini hasil dari kerja keras kita bersama, kita berharap dengan telah resmi menyandang status kecamatan ODF maka perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) akan tetap terjaga dan senantiasa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat,” kata Sutian.

Menurutnya, Kecamatan Batuketulis sehat tidak akan tercapai bila kesadaran untuk menerapkan PHBS belum diterapkan secara mandiri. Untuk Itu kedepan ini akan menjadi tantangan bersama untuk terus mempertahankan komitmen dalam menjaga PHBS.

“Terima kasih kepada peratin, Aparat pekon dan Masyarakat di enam pekon yang dengan segala jerih payahnya berhasil melaksanakan upaya menerapkan perilaku PHBS dan sebagai desa yang masyarakatnya mempunyai kesadaran untuk buang air besar di jamban, sehingga terbebas dari buang air besar (BAB) sembarangan,” imbuhnya.

Sementara itu, peratin Bakhu Mat Nur menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak terkait dalam kerjasamanya sehingga Pekon Bakhu dapat bergotong royong untuk mewujudkan keluarga sehat dan terbebas dari buang air besar sembarangan.

“Ditengah pandemi Covid-19 ini kita harus selalu menjaga kesehatan dan kebersihan yaitu salah satunya adalah buang air besar sembarangan. Alhamdulillah Pekon Bakhu telah melaksanakan verifikasi bahwa Masyarakat Kedungarum 100% telah stop membuang air besar sembarangan,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala UPT Puskesmas Batuketulis Sarwo Edi Wahono, S.K.M, mengatakan kegiatan verifikasi dari tim provinsi ini dilakukan untuk mengecek langsung kondisi real di lapangan untuk mengetahui akses jamban yang dimiliki oleh masyarakat apakah telah memenuhi standar.

“Alhamdulilah verifikasi sukses, dan enam pekon dinyatakan lolos atau telah memenuhi kriteria untuk menjadi pekon ODF, semoga ini menjadi motivasi untuk terus menerapkan sanitasi total berbasis masyarakat,” harapnya.(edi/mlo)


Pos terkait