Tiga Pelaku Curanmor Ditangkap di Luar Pesbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id  Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Senin (13/9) kemarin, berhasil meringkus tiga pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yakni ES (17), dan RF (17) kedua warga Kabupaten Tanggamus, serta HS (32) warga Kecamatan Teluk Betung Utara, Bandar Lampung. Ketiga ditangkap di lokasi berbeda.

Kapolsek Pesisir Tengah Kompol Muhidin, mendampingi Kapolres Lampung Barat (Lambar), AKBP Hadi Saepul Rahman, S.Ik., melalui Panit I Reskrim Polsek setempat, Ipda Kasiyono, S.E., mengatakan penangkapan tiga pelaku itu berdasarkan laporan polisi No.LP/B/687/IX/2021/SPKT/SEK PETENG/RES LAMBAR/POLDA LAMPUNG, tanggal 10 September 2021 lalu, dengan pelapor (korban) yakni Kevin Rawando warga Pekon Tembakak Way Sindi Kecamatan Karyapenggawa, Kabupaten Pesbar.

Bacaan Lainnya

“Pencurian kendaraan bermotor itu terjadi pada tanggal 21 Agustus 2021 sekitar pukul 02.00 WIB, tepatnya didepan sebuah kos-kosan di Pekon Kampung Jawa Kecamatan Pesisir Tengah,” katanya, Selasa (14/9).

Dijelaskannya, pencurian itu berawal saat korban pulang dari makan di wilayah Pasar Kota Krui bersama rekannya sekitar pukul 01.00 WIB. Kemudian, sekitar pukul 02.00 WIB, korban mendengar suara sepeda motor di ujung gang kos-kosan di Pekon Kampung Jawa. Saat itu juga korban bergegas segera keluar dari kos kosan rekannya yakni Arwis dan melihat motor korban jenis Honda BeAT warna hitam itu sudah hilang.

“Saat itu korban tidak melihat siapa pelaku yang mencuri motor korban karena sudah kabur keluar dari gang kos kosan itu,” jelasnya.

Sehingga, kata dia, akibat kejadian itu korban mengalami kerugian sekitar Rp10 juta dan korban melapor ke Polsek Pesisir Tengah. 

Penangkapan pelaku terjadi pada Senin (13/9) sekitar pukul 23.00 WIB, unit Reskrim Polsek Pesisir Tengah beserta Team, melakukan penyelidikan terhadap laporan pencurian tersebut. Kemudian team mendapatkan informasi terduga pelaku sedang berada di kediamannya di daerah Kota Agung, Tanggamus.

“Kemudian team bergerak ke Kota Agung, Tanggamus di back up anggota Polsek Kota Agung dan berhasil mengamankan terduga pelaku pencurian berinisial ES,” katanya.

Ditambahkannya, terduga pelaku mengakui perbuatannya telah melakukan pencurian sepeda motor itu, sedangkan sepeda motor hasil curiannya itu sudah dijual di Bandar Lampung melalui salah satu kerabatnya yakni RF dengan harga Rp4,5 juta. Kemudian uang tersebut digunakan untuk membeli handphone merk Vivo Y20S warna Purist Blue.

“Saat itu juga, team langsung bergerak ke Bandarlampung dan berkoordinasi dengan Resmob Polda Lampung dan berhasil mengamankan RF serta menangkap HS berikut satu unit sepeda motor merk Honda BeAT warna hitam tanpa nopol,” jelasnya.

Sementara itu, masih kata dia, untuk Barang Bukti (BB) yang berhasil diamankan yakni satu unit sepeda motor merk Honda BeAT, dan satu unit Handphone merk Vivo Y20S warna purist blue. Saat ini ketiga pelaku dan barang bukti masih diamankan di Polsek Pesisir Tengah untuk kepentingan pemeriksaan lebih lanjut.

“Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, ES dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara. Sedangkan, pelaku RF dan HS dijerat Pasal 480 KUHP tentang penadahan dengan ancaman empat tahun penjara,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait