Tiga PMI Asal Lamtim Meninggal di Taiwan

  • Whatsapp
ilustrasi

Medialampung.co.id – Tiga Pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Lampung Timur meninggal di Taiwan.

Sebelumnya, 2 PMI atau dulu disebut Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Lamtim yang meninggal di Taiwan. Yaitu, Dimas Prasetyo (24) warga Desa Negeri Jemanten Kecamatan Margatiga dan Made Febri (26) warga Desa Purwokencono Kecamatan Sekampungudik. Ketua PMI itu meninggal akibat kecelakaan lalulintas, Minggu (12/7).

Bacaan Lainnya



Kemudian, Ade Juariah (27) warga Kecamatan Sukadana yang meninggal akibat terjatuh dari lantai 2. 

Kabid Penempatan dan Perluasan tenaga Kerja Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Lamtim Junialdi menjelaskan, Ade Juariah dikabarkan meninggal akibat terjatuh dari lantai 2 tempatnya bekerja.

Sebelum meninggal, PMI itu sempat beberapa hari menjalani perawatan di rumah sakit Taiwan. Namun, PMI itu meninggal pada 12 Juli 2020. 

Dilanjutkan, mengenai kronologis dan penyebab Ade Irawan terjatuh dari lantai 2, pihaknya masih menunggu informasi dari Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Lampung dan Kamar Dagang dan Ekonomi di Taiwan.

“Ke 3 PMI itu berangkat ke Taiwan melalui jalur resmi,” jelas Junialdi mewakili Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Budiyul Hartono, Selasa (14/7).

Lebih lanjut Junialdi menjelaskan, untuk proses pemulangan ke 3 warga Lamtim yang meninggal tersebut saat ini masih ditangani pihak Kamar Dagang dan Ekonomi (KDEI) Taiwan.

Menurutnya, untuk pemulangan jenazah Dimas Prasetyo dan Made Febri kemungkinan lebih cepat karena penyebab kematiannya sudah jelas.

Sedangkan, pemulangan Ade Juariah kemungkinan membutuhkan waktu. Sebab, masih menunggu hasil pemeriksaan petugas berwenang di Taiwan.

“Kami masih terus berkoordinasi dengan KDEI Taiwan dan BP3TKI Lampung,” imbuhnya.

Diketahui, 2  pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Lampung Timur meninggal dunia di Taiwan usai ditabrak minibus saat keduanya tengah mengendarai sepeda motor pada Minggu (12/7).

Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Lampung Ahmad Salabi kepada menjelaskan keduanya memang benar merupakan PMI asal Lampung yang tengah bekerja di Taiwan.

“Jadi baru dapat info hari ini kalau ada dua PMI asal Lampung di Taiwan meninggal dunia. Mereka adalah Dimas Prasetyo berusia 26 tahun dan Made Febri Anggara berusia 24 tahun,” beber Ahmad Salabi saat di konfirmasi Senin (13/7).

Dia menyebutkan keduanya merupakan PMI resmi dan terdaftar pada SISKO-TKLN. Keduanya merupakan warga Lampung Timur.

“Dimas Prasetyo 26 tahun laki-laki asal Desa Negeri Jemanten, Kecamatan Margatiga, Lampung Timur. Dari data mereka bekerja sebagai worker di Land Way Paler, LTD yang berlokasi di jalan county Taiwan republic of China (ROC).  Kemudian Made Febri Anggara 24 tahun asal dusun Tegalsari, Desa Purwo Kencono, kecamatan Sekampung Udik, Lampung Timur bekerja di Acedoor international ENT, LTD,” ungkapnya. (wid/mlo)



Pos terkait