Tiga Tahun, Program Hibah Air Minum Perkotaan Sentuh 1.572 MBR

  • Whatsapp
Kabag Umum PDAM Limau Kunci Kabupaten Lampung Barat Suherman

Medialampung.co.id – Air bersih merupakan salah satu sektor pelayanan publik yang mempunyai kaitan erat dengan pengentasan kemiskinan. Kondisi prasarana dan sarana air minum memberikan pengaruh besar pada kesehatan dan lingkungan yang memiliki dampak lanjutan terhadap tingkat perekonomian keluarga.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat melalui penyediaan air minum dan untuk Kabupaten Lambar sejak tiga tahun  terdapat 1.572  sambungan rumah (SR) melalui program hibah air minum perkotaan dengan sasaran masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)

Bacaan Lainnya



“Untuk Kabupaten Lambar, program hibah air minum perkotaan dengan sasaran MBR telah digulirkan sejak tahun 2012, 2017 serta 2019 dan terdapat 1.572 yang telah menikmati sarana air minum tersebut,” kata Kabag Umum PDAM Limau Kunci Suherman mendampingi Direktur PDAM Limau Kunci Pistorik di Ruang Kerjanya, Senin (10/2).

Dipaparkannya, sebanyak 1.572 SR tersebut rinciannya jaringan perpipaan dipasang tahun 2012 sebanyak 500 SR, tahun 2017 sebanyak  473 SR, serta tahun 2019 sebanyak  599 SR. Sedangkan untuk tahun 2020 ini, pihaknya tidak mengusulkan karena tidak memenuhi kuota yang ditentukan dari pemerintah pusat yaitu sebanyak 500 SR, sementara Kabupaten Lambar hanya sanggup 350 SR.

“Masyarakat Lambar sangat terbantu dengan adanya pemasangan perpipaan ke hunian MBR karena biayanya cukup murah yaitu hanya Rp350.000/SR, sedangkan jika mendaftar secara umum dikenakan biaya Rp999.500/SR, jadi cukup murah. Kita berharap program tersebut berkelanjutan,” kata dia.

Seraya menambahkan, adapun kriteria penerima manfaat MBR perkotaan, antara warga yang berpenghasilan rendah, rumah milik sendiri, serta sambungan listrik PLN dirumahnya di bawah 900 watt. Program hibah air minum perkotaan tersebut merupakan program dari Kementerian  PUPR yang bertujuan untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah memperoleh layanan fasilitas air bersih yang sehat dari PDAM. (lus/mlo)



Pos terkait