Tiga Vihara di Kota Bandarlampung Rayakan Imlek Secara Sederhana

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Perayaan Tahun Baru Imlek akan tampak berbeda tahun ini karena pandemi virus corona masih terus memengaruhi kehidupan sehari-hari di seluruh dunia.

Tahun Baru Imlek, atau juga dikenal dengan Festival Musim Semi berlangsung selama 16 hari mulai dari Malam Tahun Baru Imlek hingga Festival Lampion dan pertunjukan Barongsai.

Bacaan Lainnya

Termasuk Umat Buddha di Kota Bandarlampung hanya melaksanakan Ibadah di rumah masing-masing sesuai himbauan dari pemerintah agar tidak menimbulkan kerumunan.

Seperti terlihat di Vihara Amurwa Bhumi Graha di Jalan Ikan Bawal Teluk Betung hanya membagikan 5 kilogram beras untuk para jamaat mereka.

Sebelumnya setiap memasuki imlek, umat Buddha yang biasanya melakukan sembahyang di vihara kali ini tidak dilakukan.

Semetara Wiriya Humas Wihara Thay Bio Wiriya mengatakan, umat Buddha hanya melaksanakan ibadah menyambut Imlek di rumah masing-masing dengan cara virtual. untuk menjaga tidak terjadinya kerumunan massa yang ingin ke vihara.

“Karena masih dalam suasana pandemi, ya kita harus mengikuti instruksi Pak Walikota Herman HN untuk tidak mengadakan acara imlek di Vihara. Namun bagi yang tetap melaksanakan ibadah waktunya kita batasi hingga jam 21.30 WIB, jumlah massa yang ingin beribadah juga kita kurangi hanya 50 orang dan itu kita atur waktunya sesuai arahan dari Pemerintah Kota bandarlampung,” ungkapnya

Sementara itu, acara seperti Barongsai dan festival yang biasa digelar pada tahun-tahun sebelumnya kini ditiadakan.

Lain lagi dengan Vihara Bodhisattva di Jl. Ikan Kakap Teluk Betung yang sama sekali tidak mengadakan acara sembahyang untuk imlek kali ini.

“Karena kita sudah mengumumkan melalui banner yang kita pasang maupun diberitahukan secara langsung kepada jamaah kita,” tutup Romo Iyok.(*/mlo)


Pos terkait