Tim Ajudikasi PTSL Lamteng Baru Diminta Kerja Maksimal

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim Ajudikasi Satgas Fisik, Satgas Yuridis, dan Satgas Administrasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Lampung Tengah dilantik di Kantor Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN. Pada TA 2021, Lamteng mendapat jatah program PTSL 22.000 bidang.

Kepala Kantor Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN Lamteng Albert Muntarie menyatakan program PTSL mendapat jatah 22.000 bidang. “Alhamdulillah, Lamteng dapat jatah 22.000 bidang pada TA 2021,” katanya usai pelantikan.

Muntarie menyatakan dirinya sudah meminta kepala kampung segera memasang tanda batas tanah. “Kepala kampung sudah saya minta segera memasang tanda batas tanahnya. Juga melengkapi surat-surat untuk permohonan pembuatan sertifikat tanah,” ujarnya.

Program PTSL, kata Muntarie, tersebar di 38 kampung di 13 kecamatan. “Tersebar di 38 kampung di 13 kecamatan. Pendanaannya dari pusat untuk surat menyurat. Di luar kelengkapan surat-menyurat, bukan domain BPN. Makanya surat kelengkapan harus dipenuhi. Tapi di kampung biasanya memang harus dibuat sporadik dahulu. Kalau ada kepala kampung minta anggaran, di luar domain kita,” ungkapnya.

Tujuan program PTSL, kata Muntarie, untuk mengurangi konflik pertanahan.  “Adanya sertifikat mengurangi konflik. Kepemilikannya jelas. Pemerintah daerah juga bisa meningkatkan PAD dengan subjek kepemilikan tanahnya,” katanya.

Dengan dilantiknya tim, kata Muntarie, diharapkan bisa bekerja maksimal. “Kita berharap bisa bekerja maksimal. Koordinasi dengan Kakam. Semoga target TA 2021 bisa selesai sesuai ketentuan. Tim dibagi empat. Satu tim mengerjakan sekitar 5.000-an bidang,” ungkapnya. (sya/mlo)


Pos terkait