Tim GLD Adakan Lomba Menulis Pengelola Lamban Baca

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Upaya mewujudkan Kabupaten Lampung Barat sebagai kabupaten literasi sesuai Peraturan Bupati Nomor 19 tahun 2018, menjadi sebuah pekerjaan rumah yang tidak mudah. Salah satu indikator pencapaian keberhasilan adalah bertumbuhnya lamban baca-lamban baca di masyarakat dengan bertambahnya jumlah koleksi bahan bacaan serta meningkatnya jumlah pengunjung.

Untuk memotivasi para pengelola lamban baca serta menggali potensi menulis para pegiat literasi di daerah ini, maka Tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) menyelenggarakan lomba menulis antar pengelola lamban baca. Kegiatan ini direncanakan dimulai dari pengumpulan naskah pada tanggal 9 hingga 29 Februari 2020, penjurian 1-7 Maret 2020, dan pengumuman pemenang pada 19 Maret 2020. 

Bacaan Lainnya



“Kami bekerja sama dengan RSIA Bunda, Forum Literasi Lampung Barat, dan berbagai komunitas agar kegiatan terlaksana sesuai harapan. Dan satu minggu penuh ini, kami mensosialisasikan informasi terkait teknis lomba melalui berbagai media,” ungkap Duta Suhanda saat peluncuran resmi pengumuman lomba, Senin (3/2).

Sebagai penanggung jawab lomba, Duta Suhanda yang juga sebagai Ketua Bidang Komunikasi dan Informasi Tim GLD Lampung Barat menyampaikan ajakan dari Ketua Tim GLD Lambar Partinia Mabsus, agar semua pengelola lamban baca ikut serta dan mengirimkan naskah terbaiknya tepat waktu.     

Menurut Duta, lomba menulis khusus pengelola lamban baca diselenggarakan dalam rangka Peringatan Hari Dongeng Sedunia 20 Maret 2020 mendatang.

Tulisan yang dibuat merupakan kisah perjalanan/perjuangan penulis dalam mendirikan lamban baca (memoar).

Adapun hasil tulisan ini akan dipilih 30 karya terbaik dan selanjutnya diambil lima karya sebagai pemenang lomba.

Selanjutnya 30 karya terbaik ini akan disatukan dalam sebuah buku antologi karya bersama dengan judul “Antara Aku, Buku dan Lamban Baca”.

“Kami menyiapkan total hadiah sebesar 5 juta rupiah, piagam penghargaan, dan piala pemenang. Seluruh calon peserta bisa menanyakan terkait teknis naskah kepada dua nara hubung kami yakni Ibu Janje BJ Keseh (0813 6913 5669) dan Bapak Ahmadi (0823 7961 1924),” tutup Duta.(lus/mlo)



Pos terkait