Tim GLD Lambar Hadiri Peresmian Lamban Baca Cekdam Pulau Manggis Pekon Sinarluas 

Medialampung.co.id – Pendidikan yang baik adalah pondasi untuk masa depan, menjadi tema utama pada sosialisasi pendidikan dan peresmian lamban baca di Pekon Sinarluas, Kecamatan Kebuntebu, Rabu (6/10).

Ketua Tim GLD Kabupaten Lampung Barat, Partinia Parosil Mabsus, diwakili oleh Koordinator Bidang Informasi dan Komunikasi, Duta Suhanda beserta beberapa anggota tim lainnya.

Bacaan Lainnya


Duta Suhanda pada sesi pembukaan sosialisasi menegaskan, mewakili Ketua GLD Lambar, pihaknya menyampaikan terimakasih kepada mahasiswa sipil Universitas Muhammadiyah Metro (UMM) yang telah menggagas adanya lamban baca di Pekon Sinarluas.

“Semoga minat baca masyarakat semakin meningkat dan wisatanya juga turut maju. Sehingga literasi untuk kesejahteraan masyarakat bisa terwujud sesuai dengan komitmen Bapak Bupati,” terang Duta. 

Camat Kebuntebu Ernawati, S.E., mengajak untuk seluruh elemen masyarakat dapat mendukung tiga komitmen bupati Parosil Mabsus, yakin Kabupaten Konservasi, Literasi dan Tangguh Bencana. 

Dan dukungan itu harus benar-benar nyata dan serius dengan menggerakkan minat baca masyarakat dan didukung dengan program-program pemerintah melalui Dana Desa. 

Sebab Lamban Baca di Pekon Sinarluas ini adalah kolaborasi antara literasi dan wisata menjadi wisata literasi. 

Ditempat yang sama dikatakan Peratin Sinarluas Indra Jaya. Berharap masyarakat terutama generasi muda, anak-anak semakin gemar membaca, karena dengan membaca menjadi jendela ilmu pengetahuan, meraih masyarakat pintar dan cerdas. 

“Lamban baca ini didirikan di tengah pulau cekdam. Lahan pekon yang kini mulai digarap sebagai destinasi wisata,” imbuhnya.

Sementara disampaikan anggota Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) UMM Dimas Prayogi. Cara terbaik untuk meningkatkan kualitas, karakter, kompetensi dan kesejahteraan hidup seseorang adalah dengan menanamkan budaya literasi, membaca berfikir dan berkreasi. 

Dalam acara itu setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan meresmikan dan meninjau satu lamban baca di Cekdam Pulau Manggis. 

Untuk diketahui Literasi terdiri dari tiga ruang lingkup yaitu literasi keluarga, literasi sekolah dan literasi masyarakat. Selain memberikan materi, Tim GLD juga memotivasi anak-anak dan juga masyarakat dengan membagikan paket literasi yang terdiri dari tas literasi PM, alat tulis, buku dan tumbler. 

Acara yang digagas Himpunan Mahasiswa Sipil UMM. ini dihadiri juga oleh Camat Kebun Tebu, Ibu Ernawati, S.E., Bhabinkamtibmas, Peratin Sinarluas Indrajaya, Ketua dan Kader PKK Pekon Sinarluas, anak-anak usia sekolah dasar, dan masyarakat setempat. (r1n/mlo)


Pos terkait