Tim Gugus Tugas Kecamatan Perketat Pengawasan Protokol Kesehatan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Lampung Barat kini terus menjadi perhatian bagi semua pihak tak terkecuali tim gugus tugas penanganan Covid-19 di Kecamatan Batuketulis.   

Guna mengantisipasi penularan wabah tersebut, tim yang dipimpin Camat Batuketulis Sutian, S.Pd, M.M, didampingi sejumlah pejabat kecamatan, Kepala UPT Puskesmas Batukebayan Sarwo Edi Wahono, S.K.M, Peratin Wayngison Alek Permana bersama jajaran TNI/Polri melakukan penegakan disiplin di Pasar Wayngison, Senin (14/9). 

Bacaan Lainnya

“Kita melakukan pengawasan dalam rangka penegakan disiplin kepada masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan, termasuk di objek pasar tradisional jangan sampai adanya klaster baru,” ujar Camat Batuketulis, Sutian.  

Meskipun, wilayah setempat kini telah nihil setelah sebelumnya satu pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh namun harus tetap mengambil langkah dalam penanganan Covid-19 ini. Upaya pendisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan harus terus dilakukan.

“Kita juga menggandeng pengelola pasar untuk menyiapkan lingkungannya sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, antara lain, dengan menyiapkan tempat untuk cuci tangan di setiap sudut pasar. Kepada pengunjung wajib menggunakan masker,” jelasnya. 

Sebab, ia menegaskan bahwa penggunaan masker ini merupakan hal yang penting, mengingat setiap orang tidak pernah tahu adanya gejala atau pun sumber penyebaran virus sehingga perlu ada kewaspadaan saat beraktivitas diluar rumah.

“Kami mengajak bersama-sama mentaati anjuran dari pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan mengikuti anjuran pemerintah, maka kita turut andil dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona,” pesannya. 

Ia menambahkan, selain dilaksanakan di sejumlah objek pasar, pemberian imbauan itu juga terus dilakukan melalui peran pemerintah pekon dalam setiap kegiatan bersama masyarakat.

“Meski belum ada sanksi tegas bagi yang tidak mematuhi protokol kesehatan, namun petugas tak henti-hentinya melakukan imbauan agar warga tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.(edi/mlo)


Pos terkait