Tim Juri IPB Lakukan Penilaian di Pekon Purawiwitan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Pertanian (IKA FAPERTA) Insitut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) Kementerian Pertanian RI, Pemerintah Kabupaten Bogor, Fakultas Pertanian IPB, dan Sekolah Vokasi IPB akan melaksanakan kegiatan yang bernama Expo Kopi Nusantara sebagai bentuk upaya untuk menyampaikan informasi dan inovasi terkait perkembangan komoditas kopi masa kini, advokasi kesejahteraan petani, peran pengusaha pertanian, peran alumni serta kaitannya dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

Kegiatan expo kopi ini akan diselenggarakan pada tanggal 29 November sampai dengan 1 Desember 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong,  Kabupaten  Bogor.

Bacaan Lainnya



Kabid Prasarana, Sarana dan Penyuluhan Djoko Soelistijo mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Lambar Agustanto Basmar mengungkapkan, terkait dengan rangkaian acara tersebut, maka dilaksanakan lomba kebun kopi terbaik wilayah Jawa dan Sumatera sebagai rangkaian dari kegiatan Expo Kopi Nusantara, tim penjurian lomba dari IPB Dr. Ir. Supijatno, M, Si dan Andi Yoga  melakukan penjurian di lokasi perkebunan kopi di Lampung Barat, tepatnya kebun milik Zaini di Pekon Purawiwitan Kecamatan Kebuntebu, Sabtu, (23/11)

Dasar dipilihnya kebun kopi milik Zaini, lanjut Djoko,  adalah karena pada tahun 2018, Wahrian Aditio (putra bapak Romli Peratin Purawiwitan Kecamatan Kebuntebu) mengikuti lomba Cupping Coffee yang diselenggarakan IPB dan berhasil menjadi juara. “Biji Kopi yang dilombakan pada acara tersebut berasal dari kebun kopi milik  bapak Zaini. Atas dasar itu,  maka kebun kopi milik petani kopi Pekon Purawiwitan Kecamatan Kebuntebu tersebut tahun ini diusulkan sebagai lokasi penilaian kebun kopi oleh tim dari IPB,” ungkap Djoko.

Dengan adanya penilaian tersebut, pihaknya berharap kedepan agar petani kopi Lambar dapat lebih memperhatikan aspek budidaya, penanganan panen dan pasca panen, serta pengolahan kopi agar menghasilkan biji kopi yang bermutu dan memiliki cita rasa yang baik. (lus/mlo)



Pos terkait