Tim Kabupaten Lakukan Penilaian EPP di Tanjungraya-Watas 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim penilai tingkat kabupaten mulai melaksanakan penilaian terhadap pekon yang menjadi wakil dari setiap kecamatan pada kegiatan evaluasi perkembangan pekon (EPP) tingkat Kabupaten Lampung Barat Tahun 2021.

Seperti pada Senin (15/3), kegiatan penilaian di Pekon Tanjungraya, Kecamatan Sukau dipimpin oleh Kabid Penataan dan Kerjasama Pekon pada Desmon Irawan, S.T, didampingi tim penilai dari masing-masing perangkat daerah terkait. Sementara, di Pekon Watas Kecamatan Balikbukit tim penilai dipimpin oleh Kepala DPMP Ir Noviardi Kuswan. 

Bacaan Lainnya

Di Pekon Tanjungraya rombongan disambut oleh Camat Sukau Hadi Sutanto S,Kom, M.Si, Peratin Budiyono, LHP, pengurus TP PKK kecamatan dan pekon, Babinsa serta Bhabinkamtibmas. 

Selanjutnya di Pekon Watas, rombongan disambut oleh Camat Balikbukit Edi Jaya Saputra S.S.T.P, M.Si, Peratin Watas Mirwan Atmaja A.Ma, LHP, pengurus TP PKK kecamatan dan pekon, Babinsa serta Bhabinkamtibmas. 

Dalam kesempatan itu, Kabid Penataan dan Kerjasama Pekon Desmon Irawan, S.T,mewakili kepala DPMP Ir. Noviradi Kuswan menyampaikan bahwa evaluasi perkembangan pekon yang dilaksanakan merupakan agenda tahunan yang digelar secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, tingkat kabupaten dan tingkat provinsi hingga puncaknya tingkat nasional.

“Sehingga, dengan diselenggarakannya kegiatan EPP pekon setiap ini kita berharap kegiatan itu bukan sekadar rutinitas, akan tetapi merupakan tolak ukur aparatur pemerintahan pekon dan masyarakat untuk meningkatkan keberhasilan pembangunan di pekon masing- masing serta menggali potensi-potensi sumber daya yang ada di pekon dengan dilakukannya penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi dan swadaya gotong royong masyarakat pekon,” ungkapnya.

Lanjutnya, ada sejumlah indikator pada EPP tahun 2021, yang mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri RI No.81/2015 tentang evaluasi perkembangan pekon dan kelurahan. Dimana, evaluasi meliputi bidang pemerintah pekon yang terdiri dari aspek pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat,  pekon dan kelurahan berbasis teknologi informasi/E-Government serta pelestarian adat dan budaya.  

“Selanjutnya, evaluasi bidang kewilayahan pekon meliputi aspek identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta pengaturan investasi. Serta evaluasi bidang kemasyarakatan meliputi aspek yakni partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan, serta perangkat kapasitas masyarakat,” imbuh dia. 

Sementara itu, Peratin Tanjungraya Budiyono menyampaikan atas nama masyarakat dan pemerintah pekon pihaknya menyampaikan ungkapan terimakasih karena melalui EPP pihaknya dapat bisa melihat perkembangan pekon dari segala segala baik pemerintahan, pembangunan pemberdayaan, Program TP PKK pekon posyandu posbindu kader toga kesehatan lingkungan serta pelaksanaan administrasi Pekon Tanjungraya.

“Terimakasih atas dipercayakannya Pekon Tanjungraya pada ajang EPP, dan selanjutnya kami siap menerima apapun hasil penilaian dan untuk segala kekurangan tentu akan menjadi evaluasi untuk lebih kami tingkatkan lagi untuk menuju pekon hebat dan sejahtera,” imbuhnya.

Terpisah, Camat Sukau Hadi Sutanto menambahkan , Pemerintah Kecamatan sukau sengaja memunculkan pekon tanjungraya pada EPP tahun ini sebagai upaya untuk mendorong perkembangan pekon.

“Dengan adanya penilaian ini semoga menjadi motivasi bagi seluruh lapisan aparatur pemerintahan pekon untuk lebih tertib administrasi, meningkatkan semua potensi yang dimiliki, memaksimalkan pelayanan publik, serta meningkatkan kualitas pada beberapa indikator yang dinilai,” harapnya.(edi/mlo)

Pos terkait